Buton Raih WTP Tujuh Kali Berturut-turut

0
30

TerawangNews.com, BUTON – Capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diperoleh Pemerintah Daerah Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara selama 7 kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) merupakan bukti kerja tertib dan akuntabel yang dilakukan Pemda Buton dalam menyajikan laporan keuangan sesuai standar keuangan yang berlaku.

Atas capaian tersebut, Pemda Buton diganjar berbagai penghargaan seperti piagam dan plakat dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia (RI) melalui Direkorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A2 Baubau di Aula KPPN Baubau, Kamis, 22 Oktober 2020 sekira pukul 10.00 WITA.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala KPPN Baubau, Nazuar, selaku perwakilan Kementerian Keuangan di daerah.

Selain Pemda Buton, beberapa daerah lainnya di jazirah Kepulauan Buton juga mendapatkan opini WTP dari BPK yaitu Kota Baubau sebanyak lima kali. Wakatobi, enam kali. Buton Utara, tiga kali. Buton tengah, tiga kali dan Buton Selatan, dua kali.

Namun, dari beberapa daerah tersebut, Pemda Buton mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) terbanyak dari Pemerintah Pusat yaitu sebesar Rp61,07 miliar. Hal ini dikarenakan besaran DID yang diperoleh suatu daerah dipengaruhi oleh frekuensi berapa kali daerah tersebut memperoleh opini WTP.

Sementara itu Kota Baubau hanya mendapatkan DID sebesar Rp44, 86 miliar, Kabupaten Wakatobi Rp8, 24 miliar, Kabupaten Buton Utara Rp250 juta, Kabupaten Buton Tengah Rp31,82 miliar, dan Kabupaten Buton Selatan Rp26,31 miliar.

Bupati Buton, La Bakry mengatakan, pencapaian ini bukan hasil kerja Bupati Buton semata. Tapi, ini juga merupakan salah satu bukti kerja keras yang dilakukan semua jajaran dalam lingkup pemerintahan Kabupaten Buton.

Untuk itu, Ketua DPD II Golkar Buton ini berharap, dengan perolehan tersebut, menjadi penyemangat bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai abdi negara untuk semakin bekerja keras dan tetap efektif melayani masyarakat.

“Ini menjadi pelecut semangat bagi kita semua, untuk nantinya terus kita pertahankan lagi di tahun mendatang. Meskipun saat ini cukup berat karena ada wabah tapi kita harus terus memotivasi diri bahwa kita bisa,” kata La Bakry.

Terkait itu, Ketua DPRD Kabupaten Buton, Hariasi Salad sangat mengapresiasi Pemda Buton dalam hal ini Bupati Buton, La Bakry atas capaian WTP tersebut.

“Saya memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemda Buton dalam hal ini Bupati Buton, maupun para OPD yang telah bekerja keras selama ini,” kata Hariasi, Minggu (25/10/2020).

Politisi Partai Golkar ini berharap, dengan prestasi yang sudah didapat Pemda Buton tersebut, bisa menambah semangat pemerintah setempat dan seluruh jajarannya sehingga kedepan bisa kembali meraih WTP.

“Semoga dengan WTP yang ke 7 ini, makin menambah semangat untuk kemudian bisa mendapatkan WTP-WTP berikutnya,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here