Pimpin Apel Kesiapan Konsolidasi Ops Aman Nusa II, Bupati Buton: Pemerintah Harus Lakukan Antisipasi Hadapi Bencana Alam

0
66

TerawangNews.com, BUTON – Kepolisian Resort (Polres) Buton, Sulawesi Tenggara pada Jumat (13/11/2020) pagi menggelar Apel Kesiapan Konsolidasi Ops Aman Nusa II tahun 2020 yang digelar di Lapangan Mapolres Buton.

Kegiatan tersebut dalam rangka kesiapan penanganan bencana alam yang terjadi di wilayah hukum Polres Buton yaitu Buton dan Buton Selatan.

Pada kesempatan itu, Bupati Buton, La Bakry bertindak sebagai pimpinan apel yang dihadiri antara lain Kapolres Buton, AKBP Gunarko, Pejabat Utama Polres Buton, sejumlah Kepala OPD lingkup Pemda Buton dan Buton Selatan (Busel), Satpol PP, serta beberapa instansi terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Buton, La Bakry mengatakan, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah harus hadir melakukan langkah-langkah antisipasi dalam menghadapi bencana alam.

“Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah harus hadir melakukan langkah antisipasi dalam menghadapi bencana alam,” kata La Bakry.

Ketua DPD II Partai Golkar Buton ini juga tak lupa mengingatkan, kesiap siaagaan dan keterlibatan seluruh komponen yang ada.

“Bencana alam bersifat kontijensi yang waktunya tidak dapat diketahui, yang dapat menimbulkan kerugian materi maupun non materi, oleh karena itu kesiap siagaan dalam menghadapi bencana mutlak guna menyatukan persepsi,” harapnya.

Untuk itu lanjut La Bakry, perlu adanya formula penanganan apabila sewaktu-waktu terjadi bencana alam di wilayah Kabupaten Buton dan Buton Selatan, mengingat kedua daerah ini umumnya berada di pesisir pantai.

“Formula penanganan dan cara bertindak cepat, tepat dan efektif adalah sebagai berikut yang pertama, lakukan sosialisasi dan himbauan secara intens kepada masyarakat untuk mengantipasi dan siap hadapi bencana alam sewaktu-waktu dapat terjadi dengan memperhatikan protokol kesehatan, tingkatkan kemampuan teknis dalam rangka memberikan bantuan kepada masyarakat yang tertimpa bencana disaat keadaan darurat, berkoordinasi dengan BMKG serta instansi terkait setempat untuk mendirikan posko monitoring cuaca dan posko penanganan bencana alam yang ada di wilayah, laksanakan tugas kemanusiaan dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab, serta tetap jaga diri,” katanya.

Diakhir sambutannya, La Bakry mengimbau agar tetap mawas diri, menjaga diri, keluarga, dan masyarakat dari Covid-19 yang saat ini tengah melanda Bangsa Indonesia (al).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here