Jalin Sinergitas, Masyarakat dan PT WIKA Bitumen Lakukan Perbaikan Jalan

0
54

TerawangNews.com, BUTON – Jalin sinergitas, Pemdes Kabawakole, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara bersama PT WIKA Bitumen melakukan perbaikan pengaspalan jalan.

Perbaikan atau pengaspalan jalan tersebut kata Kepala Desa Kabawakole, Abdul Kadir bertujuan agar mempermudah aktifitas warga dari 4 desa yaitu Desa Mantowu, Winning, Kancinaa, dan Kabawakole.

“Ini tujuannya supaya warga yang ada di 4 desa yaitu Mantowu, Winning, Kancinaa dan Kabawakole bisa lebih mudah dalam melakukan aktifitasnya,” kata Abdul Kadir, Kamis (12/11/2020).

Adapun jalan yang diperbaiki lanjut Abdul Kadir yaitu kurang lebih sepanjang 35 dengan lebar 6 meter.

“Panjang jalan yang kami aspal lebih kurang 35 meter dan lebar 6 meter,” sebutnya.

Dalam pekerjaan tersebut tambah dia, PT WIKA Bitumen menyediakan aspal, sementara pihaknya hanya sebatas membantu dalam bentuk tenaga.

“Intinya Pemdes dan PT WIKA mempunyai kerjasama yang baik, dimana pihak perusahaan menyediakan aspal, kami selaku Pemdes menyediakan tenaga kerjanya,” ungkapnya.

Masih kata Abdul Kadir, mengenai insentif atau HOK para pekerja dalam perbaikan jalan tersebut merupakan tanggungjawab Pemdes yang nantinya akan ditujukan kepada PT KMB dan PT Putindo Beach untuk dianggarkan.

Ditempat yang sama, Staf Sekber Bidang Perizinan dan umum, Yogi Basran selaku perwakilan PT WIKA mengatakan, pihaknya akan langsung memproses mengenai material aspal pada perbaikan jalan tersebut akan langsung ditindaklanjuti berdasarkan surat permohonan dari Pemdes Kabawakole.

“Setelah ada surat permohonan masuk dari Pemdes Kabawakole kami langsung tanggapi positif, sehingga kami langsung menyiapkan material aspalnya,” katanya.

Apalagi lanjut Yogi Basran, jalan tersebut masuk dalam zona lokasi ring tambang, dan hal itu juga sudah memang masuk dalam program perusahaan yaitu Pengembangan Pemberbedayaan Masyarakat (PPM), sehingga setiap usulan program yang masuk dari desa akan langsung direalisasi sesuai kebutuhan.

“Untuk material aspal kali ini kami siapkan lebih kurang 30 ton sesuai kebutuhan yang ada,” ujarnya.

Menurut Yogi Basran, kegiatan serupa bukanlah yang pertama kalinya dilakukan, pihaknya juga sudah pernah memberikan bantuan kepada Desa Kabawakole dan Winning. Namun, untuk Desa Kabawakole, ini merupakan kali pertama.

“Winning sekarang sementara proses, Desa Banabungi dan untuk Desa kabawakole ini yang pertama kalinya,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan bantuan yang diberikan tersebut, sinergitas antar desa dan perusahaan akan lebih baik lagi kedepannya.

“Dimana semua ini keuntungan bukan hanya kami tetapi juga untuk kepentingan masyarakat yang dekat dengan lokasi tambang,” pungkasnya (spm/al).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here