Soal Kepton, Anggota DPD RI Amirul Tamim Angkat Bicara, Simak Penjelasannya!

0
1267

TerawangNews.com, BUTON – Maraknya isu mengenai rencana pemekaran Kepulauan Buton (Kepton), membuat Anggota DPD RI Komite IV Dapil Sulawesi Tenggara (Sultra), Dr. H. Amirul Tamim, angkat bicara.

Menurutnya, Kepton memiliki posisi yang sama dengan daerah-daerah lain yang sudah masuk dalam kluster daerah yang diusulkan untuk dimekarkan.

“Saya kira soal Kepton posisinya sama dengan daerah-daerah lain yang sudah masuk dalam kluster yang diusulkan untuk dimekarkan,” kata Amirul Tamim melalui WhatsAppnya, Minggu (6/12/2020).

Diakuinya, beberapa bulan terkahir, ada pihak-pihak yang tetap mendorong pemerintah untuk melakukan pemekaran secara selektif. Hal ini kata Amirul Tamim, dapat dimaklumi, selain isu Papua yang opsinya perlu pemekaran, juga momentum ini digaungkan bertepatan dengan momen Pilkada sebagai isu yang ‘seksi’.

Namun lanjut mantan Walikota Baubau dua periode ini mengatakan bahwa, selain pemerintah saat ini masih fokus pada penanganan Covid-19, yang hari ini harus menjadi komitmen semua pihak, termasuk Pemda dan semua komponen Bangsa,termasuk masyarakat. Juga pemerintah masih sementara moratorium.

“Itu dapat dilihat hingga saat ini 2 PP  sebagai pedoman pelaksansan penataan daerah seperti dimksud dalam UU 23 tahun 2014 tentang Pemda belum dikeluarkan,” ungkapnya.

Tapi yang tidak kalah penting tambah Amirul Tamim, sambil menunggu kran penataan daerah/pemekaran dibuka, perlu terbangun pandangan yang sama mengenai prinsip yang harus disikapi bersama dalam konteks penataan daerah sebagaimana dimaksud dalam UU 23, yaitu tahapan melalui fase persiapan yang harus dapat dimaknai tidak hanya pada tataran syarat administrasi, namun juga harus pada tataran yang lebih luas dan konkrit dalam tindakan nyata melalui progres yang terkonsep dan tercermin dalam gerak pembangunan daerah, baik itu daerah cakupan wilayah yang dimekarkan.

“Juga yang tidak kalah penting adalah program nyata dari daerah induk yaitu Propinsi Sultra. Untuk wilayah Kepton sendiri langkah konkrit kesiapan ibukota dengan segala instrumennya dan skenario daerah-daerah cakupannya terhadap dukungan infrastruktur yang mencerminkan kesiapan daerah-daerah untuk menjadi daerah otonom provinsi sendiri,” pungkasnya.

(al) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here