Peringati HKN, Wakil Walikota Baubau Imbau Masyarakat Disiplin Protokol Kesehatan

TerawangNews.com, BAUBAU – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN), Wakil Wali Kota (Wawali) Baubau, Sulawesi Tenggara, La Ode Ahmad Monianse kembali mengimbau warga untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Pasalnya, tanpa kesadaran serta kedisiplinan dari masyarakat penyebaran Covid-19 sulit untuk diatasi.

Himbauan disampaikan saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) Letjen TNI (Pur.) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K) pada upacara peringatan HKN yang ke-56 di pelataran kantor Wali Kota Baubau, Minggu (6/12/2020) kemarin.

“Saya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat dan tenaga kesehatan, agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah keterpaparan COVID-19. Sekuat apa pun upaya pemerintah tidak akan cukup apabila tidak didukung oleh masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan”, imbaunya mengutip sambutan Menkes RI.

Selain itu, sebagai wujud dan tekad bersama masyarakat untuk sehat, orang nomor dua di Kota Baubau ini menekankan kepada seluruh jajaran kesehatan untuk memperkuat penerapan strategi penanganan Covid-19. Terutama dalam pelaksanaan berbagai kegiatan yang merupakan rangkaian peringatan HKN tahun ini.

Lebih lanjut La Ode Ahmad Monianse mengungkapkan, atas nama pemerintah ia menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada segenap jajaran kesehatan, lintas sektor serta seluruh lapisan masyarakat, yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah di semua lini dalam melaksanakan pembangunan kesehatan.

“Perjuangan ini kita laksanakan demi mewujudkan manusia Indonesia sehat, produktif dan berdaya saing. Hari Kesehatan Nasional yang ke-56 ini merupakan momentum untuk kita bersyukur di era pandemi dan mengingatkan kita semua tentang pentingnya Kesehatan”, imbuhnya.

Ditambahkan, perjuangan tersebut merupakan upaya untuk menyelamatkan bangsa dari pandemi Covid-19 dan mewujudkan Indonesia semakin sehat. La Ode Ahmad Monianse juga berdoa agar Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberkati dan melindungi semua upaya dalam mewujudkan Bangsa Indonesia yang sehat-sejahtera.

“Tema Hari Kesehatan Nasional di tahun ini ialah “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat”. Ini merupakan upaya bagaimana membangun masyarakat yang produktif dan aman Covid-19 di era adaptasi kebiasaan baru. Melalui Sub Tema “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi COVID-19”. Semoga Allah Subhanahu Wataala cepat membebaskan bangsa kita dari Covid-19 ini”, pungkasnya.

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan penyerahan plakat dan piagam penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM AWARD) 2020 dari Kemenkes RI kepada Pemerintah Kota Baubau yang diserahkan oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Selain itu, Wakil Wali Kota Baubau juga menyerahkan secara simbolis Mobil Tim Gerak Cepat penanggulangan kejadian luar biasa Dinas Kesehatan yang di serahkan kepada kepala bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dinas Kesehatan Kota Baubau. Serta penyerahan secara simbolis puskesmas keliling kendaraan roda dua kepada 17 Puskesmas di Kota Baubau.

Sumber: Facebook Pemkot Baubau

(al) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *