Jadi Tuan Rumah Porprov Sultra Tahun 2022, Pemkot Baubau Fokus Lakukan Ini, Diantaranya Pembenahan Fasilitas Olahraga

0
227

TerawangNews.com, BAUBAU – Pasca ditetapkannya Kota Baubau dan Kabupaten Buton sebagai tuan rumah bersama pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang ke-14 ditahun 2022 mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau fokus melakukan sejumlah persiapan diantaranya pembenahan fasilitas olahraga.

“Sesungguhnya saat ini Kota Baubau sudah bersiap dan berbenah untuk sarana dan prasarana yang telah ada seperti yang telah dipaparkan oleh Walikota Baubau dihadapan pengurus KONI provinsi,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Baubau, La Ode Darusalam, S.Sos,.M.Si melalui sambungan telepon, Selasa (8/12/2020).

Fasilitas olahraga yang akan dibenahi lanjut Darusalam, antara lain lapangan bulutangkis, bola basket, dan bola voli.

“Yang sudah tersedia contohnya dua lapangan bulutangkis yang ada di eks Buton Teater dan khusus yang dikelola oleh masyarakat, dan cabang lain seperti bola basket yang ada di Ngalu-Ngalu, bola voli yang ada di Kotamara, kemudia gedung-gedung lainnya yang akan dipertandingkan,” ujarnya.

Khusus di Dispora kata Darusalam, pihaknya menganggarkan sebesar Rp3 miliar melalui APBD Kota Baubau yang nantinya akan dialokasikan untuk pembenahan beberapa fasilitas olahraga, termasuk stadion.

“Dan untuk tahun 2021, kami dari Dispora menganggarkan untuk kembali memperbaiki lapangan sepak bola yang ada di stadion, kemudian sentel ban yang ada di stadion, dan tribun yang ada di stadion, jadi kami menganggarkan sementara itu sebesar 3 miliar,” jelasnya.

“Dan mudah-mudahan ini bisa menjadi pertimbangan provinsi untuk bagaimana pembukaan dilaksanakan di Baubau,” sambung Darusalam.

Diakhir wawancara, ia kembali menegaskan bahwa, saat ini sarana dan prasarana untuk semua cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada Porprov mendatang, sudah ada, sementara yang belum ada yaitu fasilitas kolam renang dan golf.

“Jadi ini yang mungkin yang akan kita dorong ke pemerintah dalam hal ini juga dengan badan anggaran, agar bagaimana kolam renang ini bisa terwujud di tahun 2022 sebelum pelaksanaan Porprov dan bisa dapat dana sharing dari provinsi dan mungkin juga bisa digunakan untuk membenahi sarana dan prasarana yang ada,” sebutnya.

“Dan pada dasarnya Baubau siap menjadi tuan rumah, kesiapan ini didukung penuh oleh Walikota Baubau, Ketua DPRD dan seluruh lapisan masyarakat Kota Baubau,” pungkasnya.

(al) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here