Real Count KPU Pilkada Wakatobi, Arhawi-Hardin Unggul dari Haliana-Ilmiati

0
788

TerawangNews.com, WAKATOBI – KPU merilis hasil real count hasil Pilkada Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, 2020 melalui situs resmi websitenya, Kamis (10/12/2020).

Dalam website, pilkada2020.kpu.go.id, pada 10.02 WIB untuk sementara terdapat suara masuk 139 dari 274 TPS atau 50,73 persen,

Pasangan nomor urut 01, Arhawi- Hardin Laomo memperoleh 50,1 persen dengan perolehan suara 15.528 suara.

Sementara pasangan nomor urut 02, Haliana –Ilmiati Daud memperoleh suara 15.453 suara atau 49,9 persen.

Berdasarkan hasil real count sementara dari KPU, Pilkada Wakatobi 2020 pasangan Arhawi-Hardin Laomo unggul dari pasangan Haliana-Ilmiati Daud.

Pasangan Arhawi-Hardin Laomo untuk sementara unggul di Kecamatan  Wangi-wangi, Tomia, Kaledupa Selatan, dan Tomia Timur.

Sedangkan pasangan Haliana-Ilmiati Daud untuk sementara unggul di Kecamatan Kaledupa, Binongko, Wangi-wangi Selatan, dan Togo Binongko.

Update hasil penghitungan real count melalui situs KPU atau Sirekap tidak bisa menjadi dasar penentuan pemenang Pilkada 2020.

Penentuan pemenang tetap didasarkan pada pengumuman KPU berdasarkan hasil rekapitulasi manual KPU yang dilakukan secara berjenjang.

Hasil quick count lembaga survei

Sementara itu, dari dua lembaga survei yang melakukan hitung cepat atau quick count dalam Pilkada Wakatobi, pasangan nomor urut 02, Haliana-Ilmiati Daud, unggul dari pasangan nomor urut 01, Arhawi dan Hardin Laomo.

Lembaga survei The Haluoleo Institute (THI) menunjukan pasangan Arhawi-Hardin Laomo memperoleh 48,5 persen, sedangkan pasangan Haliana-Ilmiati Daud memperoleh 51,5 persen.

Kemudian lembaga survei Jaringan Suara Indonesia, pasangan Arhawi-Hardin Laomo memperoleh 48,33 persen, sedangkan pasangan Haliana-Ilmiati Daud memperoleh 51,67 persen.

Hasil quick count Pilkada Wakatobi ini bukan hasil resmi.

Nantinya Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang akan melakukan rekapitulasi secara berjenjang dan menetapkan pemenang Pilkada Wakatobi 2020.

Pilkada Wakatobi diikuti dua pasangan calon saja. Pasangan Arhawi-Hardin Laomo diusung dari partai PAN, Golkar, Demokrat, Hanura, Gerindra, PKS dan PPP

Sementara pasangan Haliana-Ilmiati Daud, diusung dari partai PDI-P, Nasdem dan PBB.

Sumber: Kompas.com

(al) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here