Tiap Tahun, Desa Ini Lakukan Pengerukan Kali, Akhirnya Kewalahan, Pemda Buton Diminta Turun Tangan

TerawangNews.com, BUTON – Pemerintah Desa (Pemdes) Lambusango, Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, mengaku kewalahan karena tiap tahun harus melakukan pengerukan kali.

“Setiap tahun ini kita lakukan pengerukan kali, kewalahan juga kita,” kata Kepala Desa Lambusango, Azudin, Rabu (9/12/2020).

Pengerukan kali berupa material tanah dan kerikil tersebut sudah berlansung selama 5 tahun sejak 2015 lalu, akibat dari banjir.

“Pengerukan ini sudah setiap tahun kami lakukan, karena kalo tidak dikuras, jembatan kita itu banjir karena rendah, akan meluap ke atas,” keluhnya sambil menunjuk jembatan dimaksud.

Untuk pengerukan itu, pihaknya harus menghabiskan anggaran sekira Rp30 juta yang bersumber dari dana desa, karena harus menyewa kendaraan alat berat excavator dan mobil truk.

“Untuk tahun ini, anggarannya itu kita ambilkan dari sisa pembagian BLT (bantuan langsung tunai) sekitar 30 juta,” ungkapnya.

Ia berharap, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton, bisa segera menyikapi persoalan tersebut.

“Agar bisa disikapi oleh Pemda Buton, mungkin kami bisa dibuatkan talud agar jangan jadi beban kami setiap tahunnya,” harapnya.

(al) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *