Hari Ini Reshuffle, Gertak atau Masih Galau?

0
126

TerawangNews.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan mengundang calon menteri hasil Reshuffle Kabinet Indonesia Maju ke Istana Kepresidenan hari ini Selasa (22/12/2020).

Terkait calon menteri tersebut, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono tidak menampik hal itu, dan mengatakan pemanggilan menunggu agenda presiden.

“Tapi bisa saja (hari ini dipanggil, red), sesuai waktunya Bapak Presiden,” kata Heru, dilansir IDN Times, Selasa (22/12/2020).

Namun Heru menuturkan, sejak tadi malam keputusan pastinya kapan calon menteri dipanggil ke Istana, belum diputuskan.

“Belum ada jadwal resmi. Belum terjadwal,” ucap dia.

Yang jelas, kata Heru, siapa saja menteri yang baru, akan diperkenalkan ke publik.

“Tentunya (calon menteri) akan diperkenalkan kepada publik oleh Bapak Presiden,” sebut Heru.

Isu perombakan Kabinet Indonesia Maju ini sebenarnya sudah mulai bergulir sejak Juni 2020, saat Jokowi menegur menterinya karena tak puas dengan kinerja mereka.

Isu reshuffle juga berhembus kencang setelah KPK menangkap dua menteri Jokowi, yaitu Juliari Batubara dan Edhy Prabowo terlibat perkara hukum.

Terkait itu, Pengamat Politik dan Pemerintahan Universitas Indonesia (UI), Dr. Ade Reza Hariyadi menilai, reshuffle kabinet hanya terbatas pada menteri yang bermasalah hukum jauh lebih realistis.

“Saat ini mungkin lebih realistis bagi presiden dalam kepentingan mengelola situasi politik yang kondusif,” kata Ade kepada RRI.co.id.

Sementara itu, menurut Ade, reshuffle secara luas mungkin akan menjadi populer dan membuka kesempatan evaluasi besar-besaran.

“Namun presiden perlu mempertimbangkan kontinuitas program pemerintahan serta kondusifitas situasi politik,” sebutnya.

Sumber: rri.co.id

(al) 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here