Iis Elianti Pimpin Upacara Hari Amal Bakti Kemenag ke-75

TerawangNews.com, Buton – Wakil Bupati Buton, Iis Elianti, memimpin upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-75 tingkat Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara di halaman Kantor Kemenag Buton, Pasarwajo, Selasa (5/1/2021).

Dengan mengusung tema HAB tahun 2021 “Indonesia Rukun”, upacara tersebut dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Menurut Iis Elianti, tema “Indonesia Rukun” sejalan dengan semangat nasional yang mana menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa untuk maju.

“Saya ingin mengingatkan tentang semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama,” katanya menyampaikan Sambutan Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas.

Semangat Kemenag Baru tersebut lanjut istri Umar Samiun ini, dapat diterjemahkan dengan tiga kata kunci. Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik. Termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umroh, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan.

Kemudian, sebagai bukti keseriusan dalam perbaikan tata kelola, Kemenag berkomitmen memberikan apresiasi terhadap setiap praktik baik dalam layanan birokrasi.

Kedua, penguatan moderasi beragama, antara lain adalah pada aspek penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan.

Ketiga, mengokohkan persaudaraan. “Ini meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan se-tanah air, dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan,” ucap Iis Elianti.

“Mari kita kedepankan akal sehat dan hikmah/kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan saat ini maupun di masa-masa yang akan datang. Dan mari jadikan agama sebagai inspirasi pembangunan bangsa dan negara,” sambungnya.

(al)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *