Warga Buton Bakal Divaksin Covid-19

0
205

TERAWANGNEWS.COM, Buton – Saat ini Vaksin Covid-19 yang telah disiapkan oleh Pemerintah Pusat telah sampai di Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) dan saat ini tengah di uji klinis sebelum disebarkan ke kabupaten/kota di Sultra.

Terkait itu, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton sudah siap melakukan penjemputan jika uji klinis tahap tiga sudah selesai dilakukan.

“Vaksin ini sudah ada di Sultra. Saat ini sementara uji klinis. Jika selesai diuji maka akan dibagikan ke daerah,” kata Sekda Buton, La Ode Zilfar Djafar ketika memimpin rapat bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 di Aula Kantor Bupati Buton, Rabu (6/1/2021).

Untuk menjaga kondisi keamanan vaksin, vaksin Covid-19 itu nanti akan dijemput langsung oleh pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Buton bersama aparat Polres Buton.

Wa Ode Kiana Fardiah yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Buton mengatakan, untuk menjemput vaksin Covid-19 pihaknya masih menunggu petunjuk dari Dinkes Sultra.

Ditambahkan Kiana, aturan baru yang berlaku sekarang tak ada lagi rapid tes untuk pelaku perjalanan. Namun diganti dengan rapid anti gen. Hanya saja di wilayah Kabupaten Buton belum ada.

“Jika membutuhkan itu ke Maxima atau RS Siloam (Kota Baubau),” katanya.

Senada dengan Direktur RSUD Buton, Ramli Code bahwa bagi pelaku perjalanan laut, darat dan udara wajib menggunakan hasil rapid anti gen.

“Dan untuk memudahkan masyarakat kita berencana melakukan pengadaan rapid anti gen,” tutupnya.

(al) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here