Bupati Buton La Bakry Siap Divaksin Covid-19

Bupati Buton La Bakry

TERAWANGNEWS.COM, Buton – Walaupun saat ini vaksin Covid-19 belum tiba di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Namun, selaku Bupati Buton, La Bakry siap divaksin.

Menurutnya, jika memang pejabat yang merupakan salah satu prioritas penggunaan vaksin, maka hal itu harus dilaksanakan.

“Kalau memang pejabat yang yang menjadi prioritas dibanding masyarakat, maka kita laksanakan,” kata La Bakry kepada terawangnews.com melalui WhatsAppnya, Kamis (7/1/2021) sekira pukul 05.09 WITA.

Sebelumnya diberitakan, saat ini vaksin Covid-19 yang telah disiapkan oleh Pemerintah Pusat telah sampai di Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) dan kini tengah di uji klinis sebelum disebarkan ke kabupaten/kota di Sultra.

Terkait itu, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton sudah siap melakukan penjemputan jika uji klinis tahap tiga sudah selesai dilakukan.

“Vaksin ini sudah ada di Sultra. Saat ini sementara uji klinis. Jika selesai diuji maka akan dibagikan ke daerah,” kata Sekda Buton, La Ode Zilfar Djafar ketika memimpin rapat bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 di Aula Kantor Bupati Buton, Rabu (6/1/2021).

Untuk menjaga kondisi keamanan vaksin, vaksin Covid-19 itu nanti akan dijemput langsung oleh pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Buton bersama aparat Polres Buton.

Wa Ode Kiana Fardiah yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Buton mengatakan, untuk menjemput vaksin Covid-19 pihaknya masih menunggu petunjuk dari Dinkes Sultra.

Ditambahkan Kiana, aturan baru yang berlaku sekarang tak ada lagi rapid tes untuk pelaku perjalanan. Namun diganti dengan rapid anti gen. Hanya saja di wilayah Kabupaten Buton belum ada.

“Jika membutuhkan itu ke Maxima atau RS Siloam (Kota Baubau),” katanya.

Senada dengan Direktur RSUD Buton, Ramli Code bahwa bagi pelaku perjalanan laut, darat dan udara wajib menggunakan hasil rapid anti gen.

“Dan untuk memudahkan masyarakat kita berencana melakukan pengadaan rapid anti gen,” tutupnya.

(al)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *