UPP Baubau Keluarkan Surat Edaran Hadapi Cuaca Ekstrem

0
429

TERAWANGNEWS.COM, Baubau – Sesuai hasil koordinasi dengan BMKG terkait cuaca ekstrem dan memperhatikan maklumat pelayaran, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan(UPP) Kelas 1 Baubau, Sulawesi Tenggara mengeluarkan surat edaran untuk semua pelaku pelayaran per tanggal 19 Januari 2021.

Kepala UPP Baubau, Pradigdo mengungkapkan, dalam menghadapi cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah perairan Baubau dan sekitarnya akhir-akhir ini, maka dalam surat edaran tersebut semua pelaku pelayaran diminta untuk mengambil langkah-langkah antisipasi terutama kapal-kapal antar pulau. Sebab kata Pradigdo, saat ini tinggi gelombang laut pada beberapa jalur yang dilalui kapal antar pulau seperti bagian perairan Wakatobi mencapai 1 sampai 2,5 meter berdasarkan informasi BMKG.

“Karena itu bila cuaca dianggap ekstrem, kami akan menunda pemberian surat persetujuan berlayar sampai cuaca benar-benar kondusif,” ungkap Pradigdo, Selasa (19/1/2021).

“Kemudian, kalaupun kapal sudah dalam perjalanan dan ditengah jalan tiba-tiba menemui cuaca ekstrem, maka kami minta untuk berlindung saja jika itu dianggap mengkhawatirkan sambil menunggu cuaca kembali aman,” tambahnya.

Menurut Pradigdo, nahkoda kapal diminta selalu mengaktifkan radio pada chanel 16 dan atau 12 serta segera melaporkan ke syabandar bila sewaktu-waktu terjadi keadaan darurat. Selain itu pihaknya juga meminta kapal harus selalu diawaki dengan personil yang cukup saat kapal berlabuh dan dalam pelayaran guna mengambil tindakan untuk menghindari kapal larat, kecelakaan atau tubrukan.

“Dan setiap kapal untuk sering-sering melakukan komunikasi dengan kapal disekitarnya baik saat berlabuh maupun melakukan pelayaran untuk menanyakan bagaimana kondisi perairan yang telah mereka lalui,” pungkasnya.

Sumber: rri.co.id

(al) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here