Jadi Perhatian Presiden, Polda Sultra Siapkan Satgas Khusus Cegah Karhutla

0
131
ilustrasi kebakaran hutan (Foto: ist)

TERAWANGNEWS.COM, BUTON – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara telah menyiapkan Satuan Tugas (Satgas) khusus untuk menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Hal itu dilakukan karena Karhutla sudah menjadi perhatian Presiden Joko Widodo.

“Kami juga sudah mempersiapkan Satgas khusus menangani Karhutla karena ini mejadi perhatian Bapak Presiden,” kata Kapolda Sultra, Irjen Pol Yan Sultra didampingi Kapolres Buton, AKBP Gunarko usai melakukan kunjungan kerja di Polres Buton, Selasa (9/3/2021).

Menurut Kapolda, Sultra masuk dalam 10 besar titik api Karhutla di Indonesia. Namun, setelah diverifikasi, titik api itu sebahagian besar berasal dari kebun masyarakat yang membuka lahan kebun dengan cara membakar.

“Untuk Karhutla memang kita ada masuk dalam 10 besar titik api, tetapi setelah diverifikasi ternyata titik api itu dari sejumlah yang ada 20 titik api sebahagian besar itu adalah kebun masyarakat, artinya masyarakat buka lahan kebunnya sendiri dengan cara membakar,” ungkapnya.

Khusus di wilayah Kabupaten Bombana lanjut Kapolda, pihaknya sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penanganan terjadinya Karhutla. Sebab, Bombana merupakan salah satu kawasan hutan di Sultra yang sering terbakar.

“Khusus untuk kawasan hutan di Sulawesi Tenggara khususnya di kawasan Rawah Opa di Bombana, tapi itu kami sudah antisipasi, kami sudah berkoordinasi dengan semua instansi terkait,” sambung Kapolda.

Di Buton tambah Kapolda, kecil kemungkinan terjadinya Karhutla. Meski begitu, ia tetap mengimbau agar masyarakat dan semua pihak tetap waspada.

“Di Buton sendiri, kecil kemungkinan ada Karhutla, tetapi semua harus tetap waspada,” pungkasnya.

(ras/al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here