Lantik Istrinya Sendiri sebagai Ketua Umum HIPPTON, Umar Samiun Ajak Semua Organisasi Desak Pemerintah Pusat Mekarkan Kepton

0
3766
Dewan Pembina HIPPTON, Umar Samiun saat menyematkan pin kepada Ketua Umum HIPPTON, Lia Umar Samiun di Gedung Pancasila Baubau, Sabtu (13/3/2021) (Foto: La Ode Ali/Terawangnews.com).

TERAWANGNEWS.COM, BAUBAU – Samsu Umar Abdul Samiun mengajak semua organisasi agar sama-sama mendesak pemerintah pusat untuk segera memekarkan Kepulauan Buton (Kepton) sebagai sebuah provinsi baru.

“Dengan hadirnya organisasi HIPPTON (Himpunan Pemuda dan Perempuan Kepulauan Buton-red) dan organisasi lainnya yang terhimpun satu agar bersama-sama mendesak pemerintah pusat untuk memekarkan Kepton,” ajaknya saat membawakan sambutan pada acara deklarasi dan pelantikan pengurus HIPPTON di Gedung Pancasila, Baubau, Sabtu (13/3/2021).

Menurut Umar Samiun (sapaan akrab Samsu Umar Abdul Samiun-red), salah satu tujuan dimekarnnya Kepton dari Provinsi Sulawesi Tenggara, bukan hanya semata-mata karena memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah saja. Namun, lebih kepada penghargaan dari Negara Indonesia terhadap eks Kesultanaan Buton.

“Menurut saya bukan hanya dari sisi potensi sumber daya alamnya saja, tapi untuk menghargai eks Kesultanan Buton oleh Negara,” kata Umar Samiun yang juga sekaligus sebagai Dewan Pembina HIPPTON ini.

Walau disadari bahwa saat ini pemerintah pusat masih menerapkan moratorium, namun yang membuat mantan Bupati Buton ini bertanya-tanya adalah kenapa selama ini pemerintah pusat tidak memperbolehkan Kepton untuk mekar, seperti Kesultanan Goa dan Kesultanan Ternate?.

“Tapi kenapa tidak diberikan seperti Kesultanan Goa dan Kesultanan Ternate, inilah yang kita mintakan penghargaan kepada pemerintah pusat terhadap eks Kesultanan Buton dalam bingkai Negara Republik Indonesia,” ungkap Umar Samiun dengan nada tanya.

Meski begitu, Umar Samiun meyakini bahwa, tidak akan lama lagi Kepton akan segera dimekarkan. Salah satunya ia mengambil contoh yang terjadi di Papua, mereka mendesak pemerintah pusat agar segera dimekarkan sebagai satu provinsi baru.

“Saya yakin Provinsi Kepton ini akan lama lagi, karena Papua sudah tidak bisa terelakan,mudah-mudahan Kepton lagi,” harapnya yang disambut riuh pikuk hadirin.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Buton, La Bakry saat memberikan sambutan pada deklarasi dan pelantikan pengurus HIPPTON, juga mengajak semua pihak agar terus berjuang untuk pemekaran Kepton.

“Semangat ingin menjadi provinsi, Insya Allah Kepton kita akan berjuang terus, kita sudah memiliki banyak potensi, mulai dari anak-anak kita, generasi muda kita, dan sumber daya alam kita,” katanya.

Untuk diketahui, pada acara tersebut Umar Samiun melantik Lia Umar Samiun yang merupakan istrinya sendiri sebagai Ketua Umum HIPPTON dan La Ode Sabaruddin sebagai Sekretaris Umum HIPPTON periode 2021-2026, serta sejumlah pengurus HIPPTON lainnya.

Turut hadir dalam acara itu antara lain, mantan Bupati Buton, Safei Kahar, mantan Wakil Walikota Baubau, Masra Manarfa, Ketua DPRD Buton, Hariasi Salad, para Kepala OPD lingkup Pemkab Buton, dan sejumlah kepala desa se-Kabupaten Buton.

Sebagai tambahan informasi, ditunjuknya Lia Umar Samiun sebagai Ketua Umum HIPPTON yaitu berdasarkan hasil Kongres yang dilakukan di salah satu tempat di Kota Baubau pada 30 Januari 2021 lalu. Dimana dalam Kongres tersebut, Lia Umar Samiun terpilih secara aklamasi sebagai Ketum HIPPTON periode 2021-2026.

(al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here