Berikut 7 Provinsi Penghasil Beras Terbesar di Indonesia, Termasuk Sulawesi

TERAWANGNEWS.COM, JAKARTA – Indonesia merupakan salah satu negara penghasil beras terbesar.

Dilansir dari rri.co.id, Minggu (21/3/2021), berikut tujuh daerah penghasil padi terbesar di Indonesia;

1. Jawa Timur

Jawa Timur dinobatkan menjadi daerah penghasil beras terbesar di indonesia. Jumlah beras yang diproduksi di daerah Jawa Timur sepanjang Januari-April 2020 lalu, tercatat mencapai 4.20 juta ton.

Sementara itu menurut prognosa Januari-April 2021, jumlah gabah kering yang diproduksi provinsi ini diperkirakan mencapai 4.98 juta ton.

2. Jawa Tengah

Jawa Tengah menjadi provinsi kedua terbesar di indonesia penghasil beras.

Selama beberapa tahun, provinsi ini juga sempat menduduki peringkat pertama daerah penghasil beras terbesar di indonesia sebelum tergeser oleh Jawa Timur.

Produksi padi GKG di Jateng pada Januari-April 2020 yakni sebesar 4.10 juta ton. Sementara perkiraan atau prognosa Januari-April 2021 sebesar 4.81 juta ton.

3. Jawa Barat

Langganan daerah penghasil padi terbesar di Indonesia di peringkat ketiga adalah Jawa Barat (Jabar).

Selain produksinya yang besar, Jabar juga dikenal sebagai penghasil beras dengan kualitas terbaik di Indonesia.

Pada Januari-April 2020, produksi Jabar sebesar 2.54 juta ton. Sementara prognosa Januari-April 2021 sebesar 3.79 juta ton.

4. Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan (Sulsel) selama beberapa tahun jadi provinsi penghasil beras terbesar di indonesia di luar Jawa. Sulsel juga jadi lumbung beras untuk menopang provinsi lain di Indonesia Timur.

Merujuk pada data produksi gabah selama Januari-April 2020, total yang dihasilkan petani Sulsel yakni sebesar 1.18 juta ton, lalu prognosa pada Januari-April 2021 sebesar 2.03 juta ton.

5. Lampung

Lampung adalah penghasil padi terbesar di Indonesia di peringkat kelima atau penghasil gabah terbesar di Pulau Sumatera.

Menurut BPS, produksi GKG Lampung pada Januari-April 2020 mencapai sebesar 839.1 ribu ton. Sementara angka prognosa Januari-April 2021 yakni sebesar 1.35 juta ton.

6. Sumatera Selatan

Provinsi lumbung padi terbesar kedua di Sumatera adalah Sumatera Selatan atau Sumsel.

Hasil panen gabah di Sumsel pada Januari-April 2020 yakni sebesar 1.27 juta ton, sementara angka prognosa Januari-April 2021 1.33 juta ton atau kalah tipis dibandingkan Lampung.

7. Sumatera Utara

Di urutan ketujuh, ada Sumatera Utara atau Sumut sebagai provinsi penghasil padi terbesar di indonesia.

Total panen Januari-April 2020 di Sumut yakni sebesar 847 ribu ton. Sementara angka perkiraan atau prognosa Januari-April 2021 sebesar 954 ribu ton.

Artikel ini telah tayang di rri.co.id dengan judul “Deretan Provinsi Penghasil Beras Terbesar di Indonesia,“.

(al) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *