Tahun Ini Pemdes Kuraa Bakal Buka Lahan 30 Hektare untuk Masyarakat

0
65

TERAWANGNEWS.COM, BUTON – Tahun 2021 ini, Pemerintah Desa (Pemdes) Kuraa, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal membuka lahan seluas 30 hektare untuk masyarakat.

Pembukaan lahan tersebut akan dilakukan dengan sistem padat karya dengan menggunakan anggaran Dana Desa (DD) sekira Rp213 juta.

Namun, untuk pelaksanaannya belum dipastikan kapan dilakukan.

“Jadi tahun ini rencananya kita akan buka lahan seluas 30 hektare untuk masyarakat, sistemnya itu padat karya, total anggarannya 213 juta,” kata Kepala Desa Kuraa, Irwan, Kamis (20/5/2021).

Lahan yang akan dibuka tersebut lanjut Irwan, bertujuan agar masyarakat petani yang tadinya berkebun secara terpisah, bisa disatukan dalam satu hamparan, supaya lebih mudah diawasi.

“Selama inikan masyarakat itu satu-satu, dengan kita membuka lahan ini bisa satu hamparan, dan mungkin bisa kita awasi,” ujarnya.

Selain menyiapkan lahan, Pemdes juga kata Irwan, akan menyiapkan waring, strom babi, dan keperluan lainnya dengan tujuan menarik simpatik masyarakat, mengingat mayoritas masyarakat Kuraa adalah mayoritas bekerja sebagai petani.

“Dan satu dua hari ini kita akan rapat, kira-kira apa-apa yang akan kita tanam, tapi yang jelas desa sudah siapkan anggaran, strom hama babi, waring, sehingga ada daya tarik masyarakat,” pungkasnya.

(al) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here