Pemdes Galanti Bakal Kembangkan Wisata Manggrove, Anggarannya Capai Ratusan Juta, Kades: Bisa Tingkatkan PAD

0
180

TERAWANGNEWS.COMBUTON – Pemerintah Desa (Pemdes) Galanti, Kecamatan Wolowa, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mengembangkan Hutan Manggrove sebagai tempat wisata.

Anggaran pengembangan wisata Manggrove tersebut bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2021 sekira Rp500 juta.

“Tahun ini kita akan kembangkan wisata Hutan Manggrove, anggarannya itu sekitar 500 juta dari Dana Desa,” kata Kepala Desa Galanti, La Jamil, Kamis (27/5/2021).

Rencananya lanjut La Jamil, pekerjaannya mulai dilaksanakan pada bulan Juli 2021 mendatang yang dilakukan secara bertahap.

“Mulai kita kerjakan itu pada tahap II atau sekitar bulan-bulan 7 (Juli-red), dia bertahap nanti, dan yang akan kita perdayakan itu adalah masyarakat,” ujarnya.

Pengembangan wisata tersebut kata dia, disepakati melalui rapat antara Pemdes dan masyarakat.

Adapun, salah satu alasan pemgembangan wisata itu masih kata La Jamil, karena sejalan dengan visi misi Pemkab Buton. Selain, itu diharapkan bisa meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) yang berimplementasi pada kesejahteraan masyarakat.

“Yang jelas ini termasuk visi misi Pemkab Buton, kemudian posisi laut kitakan untuk mendukung wisata itu bagus, dan bisa menambah PAD dan perekonomian masyarakat,” tutupnya.

Sebagai informasi, total DD Galanti tahun 2021 sekira Rp1 miliar lebih.

(al) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here