Pemdes Sangia Arano Berencana Kembangkan Sektor Pertanian dan Peternakan, Kades: Ini Sejalan dengan Program Bupati

0
44

TERAWANGNEWS.COM, BUTON – Pemerintah Desa (Pemdes) Sangia Arano, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) berencana mengembangkan sektor pertanian dan peternakan.

“Tahun ini rencana kita mau kembangkan pertanian dan peternakan,” kata Kepala Desa Sangia Arano, Arman Kandu, Sabtu (29/5/2021).

Pada sektor pertanian lanjut Arman, yang akan dikembangkan adalah tanaman jangka panjang seperti pala dan kelapa. Sementara jangka pendeknya antara lain, padi dan sayur-sayuran.

“Kalo pertanian jangka panjang itu pala dan kelapa, kalo jangka pendeknya padi dan sayur-sayuran,” sebutnya.

Sementara itu disektor peternakan yaitu ternak sapi. Menurutnya, salah satu alasan dua sektor itu yang akan dikembangkan, karena kedua sektor tersebut dianggap mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Pertama disini didukung dengan lahannya. Kedua, selama ini masyarakat hanya menanam jangka pendek sehingga tidak dapat merubah perekonomiannya,” ungkapnya.

“Kemudian, kita melihat daerah-daerah lain, mereka bisa berkembangan dengan menanam tanaman-tanaman yang sifatnya jangka panjang,” sambung Arman.

Selain itu tambah Arman, pengembangan tanaman pala dan kelapa juga sejalan dengan program Pemkab Buton yang dinahkodai La Bakry selaku Bupati.

“Khusus pengembangan tanaman pala dan kelapa ini jugakan sejalan dengan program Pemerintah Daerah dalam hal ini Pak Bupati,” pungkasnya.

(al) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here