Pulihkan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19, Pemdes Kumbewaha Bakal Menanam Pisang Seluas 2 Hektare

0
59

TERWANGNEWS.com, – Salah satu upaya yang akan dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Kumbewaha, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara untuk memulihkan perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19 ini yaitu dengan cara menanam pisang.

“Fokus kita tahun ini untuk memulihkan ekonomi di masa pandemi ini salah satunya dengan cara menanam pisang,” kata Kepala Desa Kumbewaha, Muharuddin didampingi Bendaharanya, Kadirun, Rabu (2/6/2021).

Pisang tersebut nantinya akan ditanam di lahan desa seluas 2 hektare. Namun, mengenai waktunya kapan belum bisa dipastikan.

Menurutnya, salah satu alasan rencana penanaman pisang karena mulai dari sisi pemasarannya gampang, begitupula dengan perawatannya.

“Kenapa kita pilih pisang, karena pertama pisang itu banyak yang butuhkan, kemudian kalo sudah ada hasil kita tidak cape cari pembeli, mereka datang sendiri, begitu juga dengan perawatannya,” jelasnya.

Pemasaran pisang nantinya akan dilakukan oleh BUMDes, sementara Pemdes hanya sebatas menfasilitasi, mulai dari pembibitan hingga penanamannya yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2021 dengan sistem padat karya.

“Yang lakukan pemasaran itu nanti BUMDes, kita selaku Pemerintah Desa hanya usahakan,” tutupnya.

(al) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here