Pemdes Bahari Makmur Bakal Programkan Pengadaan Bodi Katinting

0
45

TERAWANGNEWS.com, – Pada tahun 2021 ini, Pemerintah Desa (Pemdes) Bahari Makmur, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), bakal memprorgramkan pengadaan bodi katinting.

Kepala Desa Bahari Makmur, Si Tuti mengatakan, anggaran pengadaan bodi katinting tersebut bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2021.

Nantinya, pengadaan bodi katinting akan dikelola oleh Badan Usah Milik Desa (BUMDes).

“Nanti BUMDes yang akan kelola, misalnya harganya itu bodi 10 juta, masyarakat kemungkinan hanya akan membayar setengahnya dengan cara dicicil,” kata Si Tuti belum lama ini.

Setiap bulan, masyarakat hanya akan menyicil sebesar Rp100 ribu. Itupun akan diberi keringanan jika bertepatan dengan musim paceklik. Begitupula dengan jangka waktu pengicilannya juga tak ada batasan.

“Kalo musim paceklik jangan dulu bayar, nanti ada hasil lagi baru mulai membayar,” ujarnya.

Dari hasil setoran cicilan tersebut, akan dibelanjakan lagi untuk pengadaan bodi katinting melalui pihak ketiga yang diperuntukan kepada masyarakat yang belum dapat.

“Setorannya nanti itu akan dikembalikan ke masyarakat, jadi masyarakat yang belum dapat bodi katinting, bisa dapat,” jelasnya.

Ia menambahkan, berdasarkan hasil musyawarah dengan masyarakat, disepakati bahwa bodi katinting tersebut diberikan kepada orang per orang, bukan per kelompok.

“Sesuai hasil musyawarah, per orang kita berikan, hanya berapa jumlah keseluruhan anggaran yang kita butuhkan untuk pengadaan bodi ini, kita belum tahu pasti,” pungkasnya.

(al) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here