Pemdes Mopaano Bakal Kembangkan Wisata Pantai Koguna, Dikelola BUMDes Kembang Baru Mainawa

0
64

TERAWANGNEWS.com, – Pemerintah Desa (Pemdes) Mopaano, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) berencana bakal mengembangkan Wisata Pantai Koguna ditahun 2021 ini.

“Tahun ini kita rencanakan akan mengembangkan Wisata Pantai Koguna,” kata Kepala Desa Mopaano, La Ode Arman Amadi belum lama ini.

Menurutnya, rencana pengembangan Pantai Koguna tersebut berdasarkan hasil musyarawarah Pemdes dan masyarakat setempat.

“Tentu rencana pengembangan ini berdasarkan hasil kesepakatan masyarakat dan Pemerintah Desa,” ujarnya.

Nantinya, berdasarkan hasil kesepakatan tersebut, Wisata Pantai Koguna akan dikelola oleh Badan Usaha Mikik Desa (BUMDes) Kembang Baru Mainawa Desa Mopaano.

“Tempat wisata Pantai Koguna itu nanti akan dikelola BUMDes Kembang Baru Mainawa, itu berdasarkan hasil kesepakatan dengan masyarakat,” jelasnya.

Selain itu lanjut Arman, untuk menunjang wisata Pantai Koguna, pihaknya pada tahun 2020 lalu telah membuat 10 unit gazebo di pantai tersebut dengan menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2020.

“Kita sdah bangun gazebo 10 unit pada tahun 2020 lalu, melalui pernyataan modal BUMDes,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Pemdes juga telah melakukan langkah-langkah dengan cara mengikutkan hampir seluruh pemuda dan pemudi Desa Mopano untuk kegiatan pelatihan dan pendampingan wisatawan yang dilakukan oleh salah satu lembaga yang berasal dari Negara Swiss pada tahun 2020 lalu.

“Jadi boleh dikata hampir semua pemuda dan pemudi yang ikut pelatihan dan pendampingan termasuk pengurus BUMDes,” katanya.

(al) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here