Lagi, Dinsos Buton Bakal Bangun Tiga Unit Rumah Komunitas Adat Terpencil

0
130

TERAWANGNEWS.com, – Pemerintah Kabupaten Buton melalui Dinas Sosial (Dinsos) rencannya akan kembali mengusulkan bantuan rumah komunitas adat terpencil di tiga desa yang ada di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 2021 ini.

Tiga desa tersebut yakni Desa Wasuamba, Kecamatan Lasalimu, Dusun Wabou, Desa Lawele dan Desa Wancingincingi, Kecamatan Kapontori.

“Usulan yang akan direncanakan di tahun 2021 untuk pembangunan ada tiga lokasi. Lokasi pertama berada di Wasamba Marano, lokasi kedua berada di Wabou, Lawele, dan lokasi yang ketiga berada di Wancingincingi,  Kapontori,” kata Kepala Dinsos Kabupaten Buton, Asnawi Jamaluddin saat dikonfirmasi di kantornya, Rabu (16/6/2021).

Pada pembangunan rumah tersebut lanjut Asnawi, pihaknya akan bekerjasama dengan Universitas Haluoleo, Kendari.

“Pemberdayaan rumah komunitas adat terpencil itu nanti kami akan undang dari perguruan tinggi dalam hal ini yang sudah berjalan inikan dari Unhalu, ini untuk melakukan pemetaan sosialnya dulu sesudah itu kita akan usulkan di kementerian,” ujarnya.

Sebelumnya pada 2020 lalu, Asnawi menyebutkan, ada 43 unit bantuan rumah komunitas adat terpencil diantaranya di Desa Benteng, Dusun Bajo, Kecamatan Lasalimu, yang sudah selesai dikerjakan dan telah diresmikan.

“Tapi inikan sudah terlaksana tahun lalu yang bantuan untuk komunitas adat terpencil ini, kemarinkan sudah ada yang pembangunan rumahnya 43 unit, sudah selesai, sudah diresmikan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, anggaran dalam kegiatan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

(ai/al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here