Surat Terbuka Erwin Usman untuk Sekot Baubau, Minta Cermati IUP Nikel PT. BIS

TERAWANGNEWS.com, – Direktur Eksekutif Indonesia Mining and Energy Studies (IMES), Presidium Nasional PENA ’98, Erwin Usman menulis surat terbuka yang ditujukan kepada Sekretaris Kota (Sekot) Baubau, Sulawesi Tenggara, Dr. Roni Muhtar.

Dalam surat terbuka yang dikirmkan Erwin Usman kepada media ini, Kamis (24/6/2021) antara lain meminta Sekot Baubau untuk mencermati keberadaan IUP Nikel PT. Bumi Inti Sulawesi (BIS) yang menurutnya berada di kawasan konservasi utama warga kota, BUSO.

Berikut isi surat terbuka Erwin Usman:

Kepada Yth Bpk Dr. Roni Muhtar Sekot Baubau

Mencermati keberadaan IUP nikel PT Bumi Inti Sulawessi (BIS) di kawasan konservasi utama warga kota, BUSO, maka sbg jenderal ASN kota, saran saya:

1. Dapat segera diturunkan tim PPNS dan Pol PP serta OPD terkait ke lokasi.

2. Lakukan pemeriksaan menyeluruh (due dilligence) terkait keberadaan PT BIS di sana, juga illegal logging yang sudah dan masih terjadi.

3. Koordinasikan ke APH, Pemprov dan KPK agar dilidik khusus kasus ini. Agar ada tindakan korektif yg sangat serius. Siapa pun yg terlibat, yang membeking, *wajib ditindak tegas sesuai hukum*

Wilayah tsb sudah sama kita tahu adalah paru-paru kota, sumber air utama, dan dihiirnya sumber pangan teramat penting bagi generasi hari ini dan mendatang (prinsip utama keadilan ekologi).

Saya menanti tindakan strategis pemkot atas hal serius ini. Terima kasih atensi Bapak.

Salam hormat,

Erwin Usman
Direktur Eksekutif Indonesia Mining and Energy Studies (IMES), Presidium Nasional PENA ’98.

Cc:
– Walikota Baubau
– Ketua DPRD Baubau
– Kajari Baubau
– Kapolres Baubau

(al) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *