Tingkatkan PAD, Pemdes Wolowa Bangun Dua Lantai Kantor BUMDes

0
85

TERAWANGNEWS.com, – Pemerintah Desa (Pemdes) Wolowa saat ini tengah membangun 1 Unit Kantor Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Wolowa, Kecamatan Wolowa, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pekerjaan Kantor BUMDes itu rencananya dibangun setinggi 2 lantai yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2021 ini.

Kepala Desa Wolowa, Jamudin mengatakan, tujuan dibangunnya Kantor BUMDes itu untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) dan mengurangi angka pengangguran di tingkat Desa Wolowa.

“Untuk meningkatkan pendapatan desa, PADnya kemudian meningkatkan angka tenaga kerja, itu tujuannya,” katanya melalui telepon, Senin (12/7/2021).

“Supaya kita itu ada pendapatan desanya,” sambungnya.

Tak hanya itu, lanjut Jamudin, pihaknya juga saat ini sementara merehabitasi Balai Pertemuan Saidi Gunu, karena menurutnya balai pertemuan tersebut tak layak di gunakan lagi.

“Kalau Saidi Gunu kenapa direhabilitasi, karena pertama dia sudah terlalu lama dan sudah lapuk akhirnya dilakukan rehabilitasi ditambah besarnya supaya kapasitasnya lebih bagus, lebih besar,” ungkapnya.

Diperkirakan, pelaksanaan pekerjaan 2 unit bangunan tersebut akan selesai selama 2 bulan atau 60 hari kalender.

“Diperkirakan 2 bulan selesai,” sebutnya.

Ditambahkannya, jika kedua unit bangunan tersebut sudah selesai dikerjakan, akan dilanjutkan dengan pekerjaan sarana air bersih dan pemasangan gorong-gorong.

“Kalau yang air dengan gorong-gorong nanti tahap 3 pekerjaannya, 2021 ini,” pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun awak media ini, diketahui total anggaran pekerjaan Balai Saidi Gunu senilai Rp207.976.000 yang bersumber dari Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Dana Desa (SILPA DD) pada 2020 lalu.

Sementara pembangunan Kantor BUMDes bersumber dari DD tahun 2021 yaitu sebesar Rp368.036.000.

(ras/al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here