Varian Delta Masuk Kaltara, Agust: Jangan Panik, Tetap Ikuti Prokes

TERAWANGNEWS.com, Kaltara – Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kalimantan Utara (Kaltara), Agust Suwandy menyampaikan hasil pemeriksaan 32 spesimen ke Litbangkes RI.

Ke-32 spesimen ini baru 12 yang selesai diperiksa dengan delapan positif COVID-19 disebabkan oleh varian delta. Salah satunya pasien positif di Kabupaten Nunukan.

Agust Suwandy di Tanjung Selor, Selasa, 20 Juli 2021 menyebutkan, penambahan kasus COVID-19 di Kaltara akhir-akhir ini berlangsung secara masif. Pada Juli 2021 saja terjadi penambahan terkonfirmasi positif sebanyak 3.269 kasus dan 48 kematian.

“Selama pandemi COVID-19 jumlah pasien terkonfirmasi berjumlah 16.424 orang, 2.588 orang dirawat baik di rumah sakit, isolasi khusus dan isolasi mandiri, ditambah 253 orang meninggal dunia, selama Juli saja kasus positif di Kaltara bertambah 3.269 orang dan 48 kematian,” sebut Agust.

Menyinggung 32 spesimen yang dikirim ke Litbangkes RI pada 24 Juni 2021 berasal dari lima kabupaten/kota. Namun 20 spesimen yang belum ada hasilnya karena masih didalami sehingga dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Ke-8 pasien positif varian delta B1617.2 masing-masing di Bulungan 1, Tarakan 2, Tana Tidung 3, Nunukan 1, Malinau 1,” sebutnya.

Menurut para ahli virus lanjut Agust, varian baru ini cenderung memiliki proses penyebaran yang lebih cepat. Masyarakat pun diminta agar lebih memperketat protokol kesehatan dengan disiplin memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak melakukan kerumunan.

Penularan varian delta ini katanya, dapat terjadi melalui kontak erat. Oleh karena itu, masyarakat diminta tidak panik dan tetap disiplin prokes.

“Kepada seluruh masyarakat Kalimantan Utara agar jangan panik, tetap patuhi protokol kesehatan, jauhi kerumunan, tetap berada di rumah kalau tidak terlalu penting untuk keluar, sering mencuci tangan dan selalu gunakan masker diruang terbuka dan ditengah banyak orang,” ingatnya.

Bahkan dia mengajak seluruh masyarakat jika memungkinkan memakai dua lapis masker setiap keluar dari rumah. Mengurangi aktivitas yang kurang penting, jaga imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi, suplemen seperlunya dan berolahraga.

Reporter: Rizkia

Editor: La Ode Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *