Hari Bhakti Adhyaksa ke-61, Kajari Buton Diminta Kedepankan Hati Nurani dalam Penegakan Hukum

TERAWANGNEWS.com, Buton – Kepala Kejaksaan Negeri Buton, ER Wiranto bersama jajarannya mengikuti upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-61 yang dilakukan secara virtual di Aula Kantor Kejari Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (22/7/2021).

Upacara itu diiukuti seluruh tingkat Kejaksaan se-Indonesia yang dipimpin langsung oleh Jaksa Agung RI, Sanitiar Burhanuddin melalui virtual di Jakarta.

Kajari Buton, ER Wiranto, mengatakan sesuai perintah Jaksa Agung, pihaknya diminta untuk melakukan penegakan hukum secara hati nurani dengan mengedepankan kepastian hukum, keadilan, dan juga asas manfaat bagi masyarakat.

“Bagaimanapun juga kita tetap profesional, kita proporsional, tapi tetap mengedepankan hati nurani,” katanya usai ikuti upacara virtual.

Tak hanya itu Wiranto menegaskan, terkait penegakan hukum, ibarat Harimau jangan kehilangan taring. Namun, dalam setiap penyelesaian kasus, pihaknya selalu memperhatikan banyak aspek.

“Dalam menegakan hukum, kita selalu pandang dari sisi niat jahat. Dari sisi mens reanya, sifat jahatnya kuat di situ atau tidak. Kalau memang dia niat untuk melakukan tindak pidana korupsi khususnya, ya kita tetap tidak bisa hindari itu. Tapi kalau memang itu karena ketidaktahuan atau memang bisa kita pulihkan keuangan negara, mereka menyadarinya, mereka mengembalikannya, ya betul-betul mereka kita perhatikan semuanya,” jelasnya.

“Intinya kalau kita lebih luas lagi, lebih melihat kepada apa asas manfaat dalam penegakan hukum ini. Apakah ada manfaat buat orang lain, atau khusus dia sendiri, atau ada manfaat perekonomian khususnya di daerah wilayah hukum kita,” sambungnya.

Selain itu, lanjut Wiranto, dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, kiprah Kejaksaan diharapkan menjadi akselerator pendorong pemulihan perekonomian daerah maupun nasioanal.

“Jangan sampai nanti kita malah kontra produktif menjadi penghambat, batu sandung, tidak. Kejaksaan harus menjadi pendorong supaya perekonomian cepat pulih”, harapnya

“Kasian masyarakat di masa pandemi ini. Makanya kita lewat bidang Intelijen dan Datun, semua kita kerahkan sesuai dengan tupoksi yang ada di kita,” pungkasnya.

Reporter: Rasmin Tara

Editor: La Ode Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *