Gelar Rapat Persiapan HUT RI ke-76, Wakil Bupati Buton Imbau Warga Tetap Patuhi Prokes

0
137

TERAWANGNEWS.com, Buton – Pemerinrah Kabupaten (Pemkab) Buton, Sulawesi Tenggara, hari ini, Selasa (27/7/2021) menggelar rapat persiapan dan pemantapan panitia Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76, pada perayaan 17 Agustus 2021 mendatang.

Rapat yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Buton itu turut dihadiri, Kapolres Buton, AKBP Gunarko, perwakilan Kodim 1413/Buton, Asisten III, Drs. La Ode Muhidin Mahmud dan perwakilan Kejari, Kasi Intel Karimudin.

Wakil Bupati Buton, Iis Elianti mengatakan, persiapan HUT RI ke-76 dilingkup Pemerintahan Kabupaten Buton,pelaksanaannya masih menunggu petunjuk dari Bupati Buton, Drs. La Bakry.

“Pelaksanaannya nanti kita minta petunjuk dari pak bupati karena beliau masih ada halangan,” katanya saat dikonfirmasi usai menggelar rapat, Selasa (27/7/2021).

Namun lanjut Iis Elianti, persiapan HUT tersebut diperkirakan tetap mengacu pada petujuk teknis perayaan 17 Agustus 2020 lalu.

“Mungkin persiapan-persiapannya itu akan merujuk kepada tahun yang sebelumnya, apakah kita diperbolehkan untuk indoor atau outdoor, kalau indoor kita persiapannya seperti apa kalau outdoor kita persiapan untuk perserta upacara dan juga untuk yang membawakan bendera atau apanya,” jelasnya.

Nantinya, pelaksanaan HUT RI kata mantan Anggota DPRD Buton ini mengimbau kepada seluruh masyarakar agar tetap mematuhi protokol kesehatan, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilisasi.

“Pelaksanaan HUT tetap kita melaksanakan prokes, tetap kita jaga protokol kesehatan untuk itu undangan pun akan dibatasi,” imbaunya.

Terpisah, Kepala Bagian Pemerintahan Kabupaten Buton, La Juara mengatakan, mengingat saat ini dalam suasana Covid-19 maka perayaan HUT RI ke-76 di lingkup Pemerintahan Kabupaten Buton rencananya akan mengadakan lomba kebersihan lingkungan di kecamatan masing-masing.

“Di tahun 2020 kemarin ada lomba Gapura, karena hari ini kondisi juga yang menjadi bahan pertimbangan maka Gapura itu dipertimbangkan tinggal nanti para camat akan melaksanakan lomba kebersihan di tiap-tiap kecamatan,” katanya saat dikonfirmasi di Kantor Bupati Buton, Selasa (27/7/2021).

“Untuk kebersihan itu menjadi perhatian karena pelaksanaan kegiatan kebersihan bagian dari perhatian untuk Covid ini, kita harapkan semua kecamatan untuk melaksanakan lomba kebersihan,” harapnya.

Secara teknis lanjut La Juara, pihaknya akan berkoordinasi dengan kementerian terkait mengenai pelaksanaan kegiatan perayaan HUT RI tersebut.

“Kami dari pemerintahan untuk segera mengambil langkah-langkah mengkoordinasikan apa yang belum ada petunjuk supaya itu kita dapatkan petunjuk dalam hal pelaksanaan tindak lanjut dari hasil rapat tadi. Insyaallah satu dua hari ini sudah ada petunjuk teknis dari kementerian untuk pelaksanaan kegiatan 17 tahun 2021 ini,” sebutnya.

Selain itu, ia menyebutkan dalam rapat persiapan dan pemantapan panitia perayaan HUT RI ke-76 tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan bersama.

“Tadi yang disepakati adalah yang pertama pembentukan panitia kita sudah siapkan RAB untuk SK panitia, yang kedua ada beberapa yang menjadi bahan untuk dikoordinasikan lebih lanjut nanti akan kami akan koordinasikan karena belum ada petunjuk dari kementerian untuk pelaksanaan kegiatan ini apakah nanti kita laksanakan di lapangan atau di ruangan,” pungkasnya.

Reporter: Rasmin Tara

Editor: La Ode Ali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here