Peringati HUT RI ke-76, Pemkab Buton Gelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci

0
62

TERAWANGNEWS.com, Buton – Pemerinrah Kabupaten (Pemkab) Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76.

Kegiatan yang dilakukan di Pelabuhan Banabungi, Kecamatan Pasarwajo pada Senin (16/8/2021) malam sekira pukul 23.50 WITA tersebut berlangsung khidmat yang dipimpin langsung Bupati Buton, Drs. La Bakry sebagai Inspektur Upacara.

Sementara bertindak selaku Perwira Apel yaitu Kapolsek Pasarwajo, AKP Hartoni dan KBO Sat Narkoba Polres Buton, IPDA Edi Rambulangi, SH sebagai Komandan Apel.

Bupati Buton, La Bakry mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan yang rela mengorbankan jiwa raga mereka demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Ini penting untuk kita renungkan sebab jasa para pahlawan sangat besar bagi bangsa ini dalam merebut kemerdekaan, pesan dalam malam renungan suci sebaiknya seluruh elemen generasi muda jangan sampai lupa perjuangan para pahlawan,” kata La Bakry usai Apel Kehormatan.

Sebagai generasi penerus lanjut La Bakry, sudah sepatutnya mengisi kemerdekaan sesuai tugas masing-masing untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan yang tekah rela berkorban untuk kemerdekaan Indonesia.

“Kita evaluasi seberapa besar kita sudah mengaplikasikan apa yang diperjuangkan pendahulu. Jika pelajar belajar yang tekun, pejabat lakukan pengabdian seiklas mungkin semata-mata untuk kepentingan daerah bangsa dan muaranya kesejahteraan, kedamaian dan hidup rukun damai yang bisa dirasakan masyarakat di manapun berada,” ujar Ketua Bapera Sultra ini.

Pada kesempatan itu, La Bakry juga tak lupa mengajak seluruh pihak untuk terus bangkit melawan Covid-19.

Di tempat yang sama, Kapolres Buton AKBP Gunarko mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menghormati jasa para pahlawan.

“Yang bisa kita lakukan saat ini dengan mengisi kegiatan bermanfaat buat masyarakat, meskipun kecil namun bisa bermanfaat, lebih baik satu perbuatan daripada sejuta omongan,” katanya.

Sementara itu, yang mewakili Dandim 1413/Buton, Danramil 1413-02/Pasarwajo, Kapten Inf. Isnadi Edi Darmawan mengatakan, Apel Kehormatan dan malam perenungan suci, merupakan rutinitas yang perlu didukung untuk mengenang jasa para pahlawan sehingga diharapkan dapat membangkitkan semangat berbakti kepada bangsa dan negara.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Anggota Forkopimda Kabupaten Buton seperti Plt. Ketua Pengadilan Negeri Pasarwajo, yang mewakili Ketua Pengadilan Agama Pasarwajo, serta Sekretaris Daerah.

Peserta upacara terdiri dari pasukan Polri, Pejabat Eselon II atau yang mewakili dan mahasiswa KKN Reguler Universitas Halu Oleo (UHO).

Publisher: La Ode Ali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here