Pemdes Bahari Makmur Siapkan Karamba untuk Warganya

0
13
Ilustrasi

TERAWANGNEWS.com, Buton – Salah satu program Pemerintah Desa (Pemdes) Bahari Makmur, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) di tahun 2021 ini yaitu pengadaan Karamba (keranjang pengangkut atau tempat ikan-red).

Karamba itu nantinya akan dibagikan kepada masyarakat, mengingat hampir semua warga Bahari Makmur bekerja sebagai nelayan.

“Untuk tahun ini ada 10 Karamba yang akan kita bagikan ke masyarakat, setiap KK (kepala keluarga) itu 1 karamba,” kata Kepala Desa Bahari Makmur, Si Tuti, Rabu (25/8/2021).

Pengadaan Karamba yang saat ini sementara dikerjakan warga setempat itu lanjut Si Tuti, anggarannya bersumber dari dana desa (DD) tahun 2021.

“Sementara proses pekerjaan, masyarakat yang kerjakan, dari dana desa tahun ini,” ujarnya.

Setelah jadi tambah Si Tuti, Karamba akan dibagikan ke masyarakat dengan cara dicicil. Namun, hanya sebagian dari total harga karamba.

“Setengahnya mereka cicil, harga Karamba itu 2 juta lebih. Dan kalo setelah dicicil maka karamba itu sudah langsung jadi miliknya mereka,” sebutnya.

“Jadi berdasarkan kesepakatan kita di masyarakat itu, tidak ada jangka waktu cicilannya, tergantung hasil yang mereka dapatkan, kalo mereka dapat hasil 1 juta, ya mungkin mereka cicil 100 ribu,” pungkasnya.

Penulis: La Ode Ali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here