Sabaruddin Paena Bagi-bagi Beras ke Imam Masjid/Musala dan Pembina Agama se-Kecamatan Siotapina, Kades dan Ketua BPD Beri Apresiasi

0
170

TERAWANGNEWS.com, Buton – Tak henti-hentinya, Sabaruddin Paena, Anggota DPRD Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) dari Partai Nasdem ini terus berbagi rezeki kepada masyarakat.

Kali ini, saat melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, tepatnya di Halaman Kantor Camat Siotapina, Jum’at (10/9/2021) pagi, Ia kembali membagi-bagikan beras kepada para Imam Masjid/Musala bersama unsur Pembina Agama se-Kecamatan Siotapina.

Namun, sebelum itu, Ia didampingi Camat Siotapina dan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) setempat melakukan dialog untuk menyerap aspirasi masyarakat.

Dalam dialog tersebut, Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kabupaten Buton ini mengungkapkan beberapa program yang telah Ia realisasikan selama menjadi Anggota DPRD sejak tahun 2019 lalu. Diantaranya, pemberian bantuan dana Masjid dan ternak sapi, serta alat-alat pertanian khususnya di Dapil 3.

Menanggapi paparan yang disampaikan Sabaruddin Paena dalam dialog itu, Ketua BPD Kumbewaha, Irman sangat mengapresiasi terobosan-terobosan yang dilakukan Sabaruddin Paena. Menurutnya, dari 9 Anggota DPRD Kabupaten Buton di Dapil III (Kecamatan Siotapina, Wolowa, dan Lasalimu Selatan). Sabaruddin Paena lah yang dianggap betul-betul bisa memahami apa yang menjadi keinginan masyarakat.

“Secara pribadi, Saya sangat mengapresiasi Sabaruddin Paena, karena dari sekian putra terbaik Dapil 3, betul-betul Beliau memahami apa yang menjadi keinginan masyarakat, banyak bukti-bukti yang kita lihat, mulai dari berita-berita di media online maupun fakta di lapangan,” pujinya.

Beberapa Imam Masjid yang juga hadir dalam dialog tersebut menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Sabaruddin Paena. Kata mereka, Sabaruddin Paena merupakan sosok Anggota DPRD yang bermasyarakat.

“Beliau ini memang luar biasa, kami selaku Imam Masjid dan lainnya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Pak Sabaruddin Paena ini, baru kali ini kita melihat ada Anggota DPRD yang selalu hadir di masyarakat,” kata mereka.

Beberapa usulanpun kemudian disampaikan oleh para kepala desa dan Ketua BPD. Seperti Kepala Desa Manuru, La Uma yang meminta agar pemerintah daerah menaikan insentif para Imam Masjid dan perangkatnya.

“Saya harap kepada Bapak Sabaruddin Paena, kalo ada rapat dengan pemerintah daerah atau Pak Bupati, tolong ini disuarakan,” pintanya.

Sama halnya dengan Kepala Desa Bahari Makmur, Si Tuti. Ia berharap kepada Sabaruddin Paena untuk disuarakan pemerintah daerah agar jalan antar desa yaitu Desa Bahari Makmur dan Walompo bisa segera dikerjakan.

“Sudah beberapa kali diukur itu jalan, sejak saya jadi kepala desa tahun 2012 lalu, jalan ini belum juga direalisasikan, padahal saya setiap tahun usulkan ini, hanya 235 meter saja. Dan hanya penambahan saja seperti lebar jalan ditambahkan 2 meter,” harapnya

Begitupula dengan Ketua BPD Manuru, La Tiga. Sebelum menyampaikan harapannya, Ia terlebih dahulu mengucapkan rasa bangga telah memiliki Anggota DPRD seperti Sabaruddin Paena.

“Saya sangat bangga dan terimakasih atas terpilihnya bapak sebagai Anggota DPRD,” katanya.

Untuk itu, Ia berharap, semoga Sabaruddin Paena bisa mewujudkan apa yang menjadi harapan masyarakat Manuru dalam hal ini pembuatan tanggul atau pengaman pantai, mengingat wilayah Desa Manuru berada di pesisir pantai.

“Tanggul kami itu sudah hancur, karena dihantam terus ombak, dan yang paling penting itu kalo tidak secepatnya diperhatikan maka kuburan umum yang di bagian pantai itu akan habis tergerus ombak. Selama ini kami sudah usulkan terus, tapi tidak pernah terealisasi, semoga dengan kahadiran bapak di sini bisa membantu kami,” harapnya.

Menanggapi aspirasi para kepala desa dan Ketua BPD itu. Khususnya di Desa Bahari Makmur, Ia berjanji akan turun bersama Kepala Dinas PUPR Kabupaten Buton untuk meninjau langsung kondisi jalan antar desa tersebut.

“Nanti saya akan bersama-sama Kepala Dinas PU turun ke lapangan untuk melihat langsung. Dan ini akan menjadi atensi saya, Insya Allah tahun depan kita bisa kerjakan, apalagi sudah masuk dalam Musrembang, tentu akan jadi prioritas,” tegasnya.

Begitupula dengan pengaman pantai atau tanggul di Desa Manuru. Menurutnya, itu sudah masuk dalam BPKAD provinsi.

“Jadi tahun depan itu Manuru kebagian pengaman pantai dan sudah masuk di BPKAD provinsi,” ungkapnya.

“Dan soal insentif yang dimaksud Pak Kades Manuru tadi, saya juga akan coba suarakan ke Pemda dalam hal ini Pak Bupati, semoga saja bisa disahuti,” sambungnya.

Sabaruddin Paena juga mengatakan bahwa, tahun depan di Desa Kumbewaha tepatnya di Dusun Bajo akan dibangun pengamam pantai dengan anggaran sekira Rp2,4 miliar. Kemudian di Dusun Lapaleagi sebesar Rp1,8 miliar.

“Jadi memang pada intinya, kita Anggota DPRD ini semua terpulang kepada kemauan saja. Walau kita banyak uang atau memiliki kekuasaan kalo tidak ada kemauan untuk berbuat, maka itu tidak akan terjadi,” bebernya.

Hal itu dilakukan lanjut Sabaruddin Paena, karena Ia menyadari bahwa tanpa suara masyarakat khususnya di Dapil 3, dirinya takkan menjadi Anggota DPRD. Sehingga, sudah menjadi kewajibannya untuk membantu dan mengabdi kepada masyarakat tanpa lagi melihat seberapa banyak suara yang Ia raup saat Pilcaleg 2019 lalu.

Pada kesempatan itu juga, Sabaruddin Paena mengungkapkan bahwa tahun ini, berkat kolaborasi yang dilakukannya bersama Anggota DPRD Sultra dari Partai Nasdem, Syahrul Said, Pemprov Sultra kembali memberikan bantuan dana pembangunan Masjid di wilayah Kecamatan Siotapina yang tersebar antara lain di Desa Kumbewaha dan Labuandiri.

“Jadi tahun ini berkat kolaborasi saya bersama Pak Syahrul Said, Pemprov Sultra kembali memberikan bantuan dana untuk pembangunan 10 unit Masjid yang ada di Kecamatan Siotapina, antara lain tersebar di Desa Kumbewaha dan Labuandiri,” ungkapnya.

Selain itu, SMA Swasta yang ada di Desa Kumbewaha, juga pada tahun ini akan dijadikan SMA Negeri. Itu semua kata Sabaruddin Paena, lagi-lagi berkat kerjasamanya dengan Syahrul Said.

“Tahun ini SMA Swasta di Kumbewaha itu kita akan jadikan sekolah negeri. Ini berkat kerjasama saya dengan Bang Syahrul Said sehingga Pemprov Sultra melalui Dinas Pendidikan Sultra mengamini hal itu,” sebutnya.

Dan ini semua juga masih kata Sabaruddin Paena, berkat dukungan dari Bupati Buton, La Bakry sehingga apa yang menjadi keinginan masyarakat bisa direalisasikan.

“Selama ini saya selaku Anggota DPRD Buton juga selalu berkoordinasi dengan Bapak Bupati Buton sehingga apa yang saya lakukan tentu sejalan dengan program-program pemerintah daerah demi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah yang kita cintai ini,” tandasnya.

Disela-sela kegiatan itu, Sabaruddin Paena, tak lupa meminta kepada masyarakat yang hadir agar selalu mendoakan Almarhum Ayahnya dan Almarhummah Agista Ariany Bombay (Istri Gubernur Sultra, Ali Mazi-red) semoga mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah SWT.

“Pada kesempatan ini saya meminta doanya agar selalu mendoakan Almarhum Ayah Saya dan Almarhumma Ibu Agista Ariani Bombay, semoga mendapat tempat yang layak di sisi Allah SWT,” pintanya yang diamini para hadirin.

Penulis: La Ode Ali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here