Bekerjasama dengan Kemenkominfo, Pemkab Buton Susun Master Plan Tahap II

TERAWANGNEWS.com, Buton – Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) bekerjasama dengan Kementerian Kominfo (Kemenkominfo) RI kembali menyelenggarakan Bimtek Penyusunan Master Plan Smart City Kabupaten Buton tahap II di Aula Dinas Kesehatan Gedung B Lantai I, Kompleks Pusat Perkantoran Takawa, Rabu (29/9/2021).

Kegiatan tersebut membahas tentang SNI 37122 indikator kota cerdas yang dihadiri oleh masing-masing Perencana OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Buton yang berlangsung selama dua hari yakni 29-30 September 2021.

Kota cerdas gerakan menuju smart city memiliki 80 indikator termasuk turunan dari kelompok indikator diantaranya ekonomi, pendidikan, energi, lingkungan dan perubahan iklim, keuangan, pemerintahan, kesehatan, perumahan, populasi dan kondisi sosial, rekreasi, keamanan, limbah padat, olahraga dan budaya, telekomunikasi, transportasi, pertanian perkotaan/lokal dan ketangguhan pangan, perencanaan kota, air limbah dan air

Berdasarkan indikator tersebut para perencana mengisi lembar kerja yang memuat 4 rencana aksi smart city yaitu pengembangan kebijakan dan kelembagaan, penguatan infrastruktur pendukung, penyediaan perangkat lunak/aplikasi pendukung dan penguatan literasi

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Buton, Ir. Sudirman berharap, bimtek tahap 2 ini dapat berjalan sukses sebagaimana pelaksanaan bimtek tahap I pada akhir Agustus 2021 lalu.

“Semoga seluruh perencana dapat mengikuti pelaksaan bimtek ini sampai akhir dari tahap 1 sampai nanti tahap 4 agar penyusunan master plan smar city dapat terealisasi sesuai yang diharapkan,” katanya.

Mantan Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Buton ini menyampaikan, rencana pelaksanaan bimtek tahap III dan tahap IV akan di laksanakan pada akhir Oktober dan November mendatang.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tim Ahli Penyusunan master plan, Dr. Harya Damar Widiputra menyampaikan kepada tim pelaksana teknis di daerah agar kiranya dalam penyusanan master plan smart city dibahas secara tuntas untuk merealisasikan Kabupaten Buton sebagai salah satu kota/kabupaten cerdas di Indonesia.

Editor: La Ode Ali

Sumber: Facebook Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Buton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *