Ke Desa Ini, Jangan Lupa ya Kunjungi Kedai Kopinya! Rasa Kopinya Disebut Setara dengan Hotel Berbintang, Padahal Diracik Sendiri

0
239

TERAWANGNEWS.com, Buton – Bagi anda penikmat kopi atau yang hobi travelling, jangan lupa singgah di Kedai Kopi Suban 1998 yang terletak di Jalan Poros Pasarwajo-Lasalimu, Kampung Baru, Desa Manuru, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kedai kopi ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kedai kopi lainnya. Hanya saja, racikan kopinya disebut setara dengan rasa kopi yang disajikan oleh hotel berbintang ataupun restoran-restoran besar di Indonesia.

Racikan kopi di Kedai Kopi Subhan yang disebut Kopi Vietnam ini diracik sendiri oleh pengelola kedai kopi yaitu La Ode Syahrudin (27 ) atau biasa dipanggil Rudi.

Setiap harinya, kedai kopi ini dibuka mulai pukul 09.00 WITA pagi, paling lama 10.00 WITA. Ditutup paling lama pukul 23.00 WITA.
Kedai kopi ini dibuka baru sekira 2 bulan terakhir. Berbagai minuman seperti Pop Ice, Kopi Sachet hingga kopi serasa Kopi Vietnam dan gorengan pun menjadi menu pilihan dengan harga terjangakau.

Khusus Kopi Vietnam ini harganya berbeda dengan kopi lainnya. Satu gelasnya mencapai Rp15. 000. Sedangkan kopi biasa dan kopi siap saji atau sachet dihargai Rp5000 per gelas.

Ukuran kedai pun terbilang kecil dan berdinding papan. Beberapa gazebo-gazebo beratapkan rumbia disiapkan oleh pemilik kedai bagi para pengunjung.

Pengelola kedai, Rudi mengatakan bahwa, sejak kedai ini dibuka, tak sedikit para pengunjung, baik warga lokal maupun warga dari Kota Baubau dan daerah-daerah tetangga lainnya sering singgah untuk sekedar melepas lelah sambil menikmati menu yang ada.

“Baru sekitar 2 bulan ini kita buka. Yang datang ini boleh dikatakan semua generasi, baik itu warga lokal maupun yang dari Baubau atau daerah-daerah tetangga,” kata Rudi di sela-sela kesibukannya melayani pengungjung di kedai kopi tersebut, Senin (4/10/2021).

Dari berbagai menu minuman yang ada lanjut Rudi, kopi racikannya yang ia sebut Kopi Vietnam merupakan primadona atau kopi andalan di kedai ini.

“Andalan kita di sini itu Kopi Vietnam yang saya racik sendiri,” ujarnya.

Kemarin saja, Minggu (3/10/2021) saja kata Rudi, ada 3 orang nenek dari Kota Baubau, datang ke kedai kopi tersebut untuk menikmati Kopi Vietnam buatannya.

“Kemarin itu ada juga nenek-nenek 3 orang katanya dari Baubau datang di sini, katanya mereka mau rasakan Kopi Vietnam yang saya buat,” sebutnya.

Rudi mengaku, belajar meracik Kopi Vietnam saat dirinya masih bekerja di salah satu kedai kopi ternama di Papua.

“Saya dulu kerja di salah satu kedai di Papua, saya belajar meracik Kopi Vietnam di sana dan saya coba lakukan di sini dan alhamdulillah banyak yang suka,” akuinya.

Selain itu masih kata Rudi yang merupakan warga Desa Manuru ini menambahkan, pihaknya juga menyediakan live musik atau karaoke bagi pengunjung. Namun, khusus malam minggu ditiadakan.

“Live musik juga, tapi kalo malam Minggu karaoke kita tiadakan, karena banyak yang mau karaoke, nanti tidak kebagian, jadi kita putar saja musik-musik biasa,” pungkasnya.

Penulis: La Ode Ali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here