Hadiri Pesta Kampung, Bupati Buton Sekaligus Dinobatkan sebagai Tokoh Adat Kadiena Lawele

0
137

TERAWANGNEWS.com, Buton – Bupati Buton, Drs. La Bakry menghadiri tradisi tahunan atau pesta kampung di Lawele, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) Sabtu (16/10/2021) malam.

Acara pesta kampung yang diadakan 3 desa yakni Desa Lawele, Benteng dan Nambo itu turut dihadiri antara lain, Wakapolres Buton, Kompol Muslimin, Dandim 1413/Buton, Let Kol Arm. Muhammad Faozan, Danramil Lasalimu, Kapt. Arm La Bondo, serta anggota DPRD Buton dapil Lasalimu-Kapontori, La Subu.

Pesta adat yang dilaksanakan turun temurun oleh masyarakat sejak Kesultanan Buton ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas kelimpahan dan keberkahan hasil panen masyarakat.

Pada kesempatan itu, Bupati Buton mengungkapkan rasa kesyukuran dan bahagianya karena melihat antusias masyarakat saat mengadakan pesta panen.

“Rasa aman dan damai ini adalah yang paling mahal harganya. Alhamdulillah kita rasakan pada kesempatan ini di tiga desa menikmati suasana damai,” kata Bupati Buton dalam sambutannya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Buton, Ketua Bapera Sultra ini tak lupa memberikan apresiasi atas terlenggaranya pesta kampung tersebut yang diadakan setiap tahun meski ditengah pandemi Covid-19.

“Sudah dua tahun kita mengadakan pesta panen dalam pandemi Covid-19. Namun hari ini kita bersyukur karena seperti termaktub dalam Instruksi Mendagri No 48 tahun 2021, Kabupaten Buton masuk dalam level 1. Tentu saja ini berkat hasil kerja keras kita  semua. Karena semua elemen masyarakat bekerja, bersinergi dan berikhtiar agar keluar dari pandemi ini,” ucap La Bakry.

La Bakry juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat, tokoh adat, parabela atas mandat yang diberikan terhadap dirinya sebagai Tokoh Adat Kadiena Lawele yang ditandai dengan pemberian Kumpurui bermotif hitam kuning.

“Malam ini saya merasa bangga dan berterimakasih atas pengukuhan ini. Semoga kita semua selalu diberi nikmat kesehatan, hingga pada tahun-tahun yang akan datang masih akan tetap bertemu walaupun dalam suasana yang berbeda,” kata Bupati penuh syukur.

Pada kesempatan itu juga, Ketua DPD II Golkar Buton ini meminta doa atas rencana Daerah Laguna (Lawele, Laguntunturu, Nambo) yang akan dijadikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Kawasan tersebut nantinya diharapkan akan mendorong perkembangan dan pertumbuhan daerah sebagai Kawasan Bisnis dan Budaya Terdepan.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Buton kembali menekankan akan pentingnya vaksinasi untuk kekebalan tubuh.

“Masyarakat jangan terpengaruh berita hoax yang banyak tersebar di media-media sosial,” pungkasnya.

Editor: La Ode Ali

Sumber: Facebook Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Buton

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here