Wisuda Santri Pertama Kali di Wilayahnya, Camat Siotapina: Ini Bukti Kesungguhan Kita Dalam Pembinaan Keagamaan

0
93

TERAWANGNEWS.com, Buton – Sebanyak 130 orang santriawan dan santriwati lingkup TPQ di Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) diwisuda di halaman Kantor Camat Siotapina, Sabtu (23/10/2021) sore.

Wisuda dilakukan oleh Camat Siotapina, La Rahadi mewakili Bupati Buton, La Bakry.

Dalam sambutannya, La Rahadi mengatakan, dengan adanya wisuda santri yang baru kali pertama dilakukan di wilayahnya, menunjukan bukti kesungguhan pemerintah kecamatan, desa, dan para penyuluh agama dalam pembinaan keagamaan.

“Ini menunjukan kesungguhan kita, baik pemerintah kecamatan, pemerintah desa, dan para penyuluh agama dalam pembinaan keagamaan,” katanya.

Ia berharap, semoga wisuda santri angkatan pertama tersebut bisa menjadi contoh bagi anak-anak lainnya khususnya di wilayah Kecamatan Siotapina.

“Semoga menjadi contoh bagi anak-anak berikutnya, dan semoga di tahun 2022 nanti pemerintah desa bisa menambah lagi jumlah anak-anak santrinya,” harapnya.

Diwaktu yang sama, perwakilan Kemenag Kabupaten Buton memberi apresiasi kepada seluruh pemerintah desa yang ada di Kecamatan Siotapina.

Menurutnya, kepedulian pemerintah desa dan para penyuluh agama di lingkup Kecamatan Siotapina sangat penting dalam pembinaan keagamaan.

“Kita memberikan apresiasi kepada para kepala desa dan penyuluh agama yang telah melakukan pembinaan keagamaan di wilayahnya sehingga wisuda ini bisa terlaksana,” katanya saat memberikan sambutan.

Ia menyebutkan, berdasarkan data yang diperolehnya, pada tahun 2019, sebanyak 65 persen dari jumlah umat Islam di Indonesia tidak pandai mengaji.

Untuk itu, peran tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemerintah desa sangat diharapkan untuk menggalakkan gemar membaca Alqur’an.

“Karena Kementerian Agama tidak bisa jalan sendiri, untuk itu peran dari semua pihak seperti tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemerintah desa sangat diharapkan,” harapnya.

Penulis: La Ode Ali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here