Gunakan Alokasi Dana Desa, Pemdes Lasalimu Kembangkan Permandian Topa

0
47

TERAWANGNEWS.com, Buton – Dengan menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2021 ini, Pemerintah Desa (Pemdes) Lasalimu, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini tengah melakukan pengembangan Permandian Topa.

Pengembangan permandian tersebut dilakukan dengan cara dikeruk untuk dijadikan Kolam Permandian dengan anggaran sebesar Rp20.410.958,00.

Kepala Desa Lasalimu, Hanuddin mengatakan, pekerjaan Kolam Permandian tersebut dilakukan secara bertahap. Mulai dari pengerukan hingga pembuatan tanggul.

“Yang kita lakukan saat ini itu rehabilitasi Permandin Topa, kita buat berbentuk kolam,anggarannya dari ADD tahun 2021 ini,” kata Hanuddin, Sabtu (6/11/2021).

“Jadi tahap pertama ini kita keruk dulu, tahap berikutnya nanti kita akan tanggul, anggarannya pembuatan tanggul itu juga dari ADD, mungkin sekitar 30 jutaan, tahun ini juga kita rencanakan,” sambungnya.

Dalam pelaksanaannya lanjut Hanuddin, dilakukan oleh masyarakat setempat dengan sistem HOK. Namun, untuk mempermudah pekerjaan, maka pihaknya menyewa alat berat ekskavator untuk pengerukan.

“Masyarakat yang kerja, tapi karena pengerukan agak susah kalo kita lakukan secara manual, makanya kita sewa alat berat,” ujarnya.

Adapun jarak lokasi wisata tambah Hanuddin, sekira 1 kilometer dari perkampungan, tepatnya berada tidak jauh dari Jalan Poros Lasalimu-Pasarwajo.

“Jaraknya dari kampung ini sekitar 1 kilo, di jalan poros itu,” sebutnya.

Ia berharap, dengan pengembangan destinasi wisata tersebut, bisa menarik minat wisatawan untuk datang ke Desa Lasalimu.

“Harapan kita itu dengan kita kembangkan tempat wisata ini, nanti bisa menarik minat wisatawan untuk datang di desa kami ini,” harapnya.

Penulis: La Ode Ali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here