Dekatkan Pelayanan Pendidikan Menengah kepada Masyarakat Buton, Dinas PK Sultra Bangun 4 Unit Sekolah Baru

0
277

TERAWANGNEWS.com, Buton – Untuk mendekatkan pelayanan pendidikan menengah kepada masyarakat, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) pada tahun 2021 lalu telah membangun 4 unit sekolah baru (USB) di Kabupaten Buton.

Ke 4 USB tersebut terletak di Desa Winning, Kecamatan Pasarwajo, Desa Kumbewaha dan Desa Sampuabalo, Kecamatan Siotapina, dan Desa Togomangura, Kecamatan Lasalimu.

“Hal ini guna mengurangi angka putus sekolah yang bermuara pada pengangguran akibat jarak dan biaya pendidikan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMK dan PKLK Dinas PK Sultra, La Ode Fasikin melalui WhatsApp, Selasa (18/1/2022) malam sekira pukul 20.41 WITA.

Ia mencontohkan, seperti di Desa Winning, masyarakat di sana jika ingin melanjutkan pendidikannya di tingkat SMA ataupun SMK, mereka harus ke Pasarwajo, Kecamatan Pasarwajo.

“Suatu contoh SMA di Winning kita bangun karena masyarakat Winning itu kalo mau sekolah di SMA ato SMK harus turun ke Pasarwajo, itu sangat jauh makanya kita bangun sekolah baru di sana,” ujarnya.

Kemudian di Desa Sampuabalo, jarak dengan SMA juga cukup jauh yaitu di Desa Matanauwe, begitu juga dengan Desa Kumbewaha.

“Seperti juga di Sampuabalo itukan jarak SMA cukup jauh, sama dengan Kumbewaha, mereka harus ke SMA yang ada di Desa Matanauwe, makanya di Sampuabalo dan Kumbewaha itu kita bangunkan juga sekolah baru,” ungkap Fasikin.

“Sama halnya dengan di Wonco (Desa Togomangura-red), mereka harus ke Lawele ataupun Kamaru, makanya di Wonco itu kita bangunkan juga sekolah baru,” pungkasnya.

Penulis: La Ode Ali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here