Tim Bina Marga Sultra Survei Rencana Pembangunan Pengaman Pantai di Desa Manuru, Sabaruddin Paena: Kita Hanya Menjawab Permintaan Masyarakat

0
300

TERAWANGNEWS.com, Buton – Harapan dan keinginan masyarakat Desa Manuru, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengenai pembangunan pengaman pantai nampaknya akan segera terwujud.

Pasalnya pada Sabtu (2/4/2022) kemarin, Tim dari Dinas Bina Marga Dinas PU Bina Marga dan SDA Sultra telah melakukan survei ataupun peninjauan lokasi pembangunan pengaman pantai di desa tersebut.

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kabupaten Buton, Sabaruddin Paena bersama Ketua BPD Manuru, La Tiga dan sejumlah masyarakat pun turut menemani Tim Bina Marga dalam peninjauan tersebut.

Kepada media ini, Sabaruddin Paena mengatakan, apa yang dilakukan Tim Bina Marga tersebut adalah untuk mewujudkan usulan atau permintaan masyarakat Desa Manuru lewat proposal yang diberikan kepada dirinya beberapa waktu lalu.

“Saya hanya menjawab apa yang menjadi permintaan masyarakat karena tidak akan mungkin muncul program fisik atau apa kalau tidak ada dari perencanaan, kebetulan waktu itu masyarakat meminta untuk dibuatkan pengaman pantai lewat proposal yang diberikan kepada saya,” katanya, Sabtu sore (2/4/2022).

“Dan alhamdulillah hari ini mmendapat perhatian dari Pemprov Sultra melalui Dinas Bina Marga, artinya langkah awal sudah dilakukan dan kita tinggal kawal lagi pembangunan fisiknya,” sambung Sabaruddin Paena.

Bagi Sabaruddin Paena, bekerja dan mengabdi untuk rakyat sudah menjadi tugasnya selaku Anggota DPRD Buton khususnya di wilayah konstituennya yaitu Dapil III (Kecamatan Wolowa, Siotapina,  dan Lasalimu Selatan).

“Pada intinya kita hanya bekerja untuk rakyat, dan ini salah satu membuktikan saya sudah memenuhi usulan masyarakat Desa Manuru melalui Dinas Bina Marga yang datang untuk mensurvei sekaligus merencanakan pembangunan pengaman pantai,” bebernya.

“Dan semua itu terpulang dari niat dan kemauan kita saja apakah kita mau berbuat atau tidak, kalaupun ada orang yang mengatakan bahwa apa yang saya lakukan selama ini hanyalah bentuk pencintraan saja, itu hak mereka, intinya saya hanya ingin bekerja dan mengabdi sesuai dengan amanah yang rakyat berikan kepada saya,” katanya lagi.

Politisi Nasdem ini juga tak lupa mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Kepala Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Alam Sultra, Burhanuddin yang telah merespon usulan masyarakat tersebut.

“Saya atas nama masyarakat konstituen saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Gubernur dan Kadis PU yang telah merespon usulan masyarakat, dan kami berharap anggaran untuk pembangunan fisiknya bisa diadakan,” ucapnya.

Di tempat yang sama, salah satu Tim Bidang SDA Bina Marga Sultra, Hustati mengaku bahwa, peninjauan lokasi rencana pembangunan pengaman pantai tersebut berkat usulan masyarakat melalui Sabaruddin Paena.

Ia juga mengatakan bahwa, Sabaruddin Paena selalu intens melakukan komunikasi di Bina Marga sehingga mendapat respon cepat dari Pemprov Sultra melalui Dinas PU Bina Marga dan SDA.

“Memang benar apa yang kita lakukan saat ini atas usulan masyarakat lewat Pak Sabaruddin Paena, karena memang beliau ini selalu intens membangun komunikasi kepada kami,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua BPD Manuru, La Tiga juga mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Sultra dalam hal ini Dinas PU Bina Marga dan SDA khususnya Sabaruddin Paena yang telah merespon usulan masyarakatnya.

Karena menurut La Tiga, usulan pembangunan pengaman pantai sudah sering dilalukan baik melalui Musrembang Kecamatan ataupun melalui usulan lainnya. Namun, belum mendapat perhatian.

“Kami ucapkan banyak terimakasih kepada Pemprov Sultra melalui Dinas PU khususnya Pak Sabaruddin Paena karena memang awalnya saya tidak percaya dan yakin usulan kami ini bisa disahuti, tapi hari ini sudah terbukti, semua karena Bapak Sabaruddin Paena ini, karena memang sudah lama kami inginkan ini,” ucapnya.

“Jadi yang kami prioritaskan ini adalah pengaman pantai yang dibagian kuburan karena lokasi kuburan ini kasian sudah dibawah arus laut,” sambung La Tiga.

Sebagai informasi tambahan, Tim Bina Marga, hari ini Minggu (3/4/2022) juga akan meninjau lokasi rencana engaman pantai di Dusun Bajo Desa Kumbewa dan Kuraa, Kecamatan Siotapina, karena masyarakat setempat juga menginginkan hal sama melalui usulan lewat Sabaruddin Paena.

Penulis: La Ode Ali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here