Ini Sejumlah Nama yang Berpotensi Diusulkan Jadi Capres 2024 di Rakernas NasDem

0
444

TERAWANGNEWS.com, Jakarta – Rapat Kerja Nasional Partai NasDem semakin dekat. Forum tinggi partai yang akan digelar pada 15-17 Juni tersebut akan menghasilkan nama calon presiden atau capres yang akan diusung Partai NasDem bersama koalisi di Pilpres 2024.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Hermawi Taslim mengatakan, 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) nantinya akan mengajukan usulan nama-nama capres dari hasil penjaringan masing-masing daerah.

“Setelah itu, panitia pengarah akan mengkristalkan hanya menjadi tiga nama untuk diserahkan ke ketua umum. Selanjutnya ketum diberi mandat untuk melakukan lobi membangun koalisi dan pada saatnya mengumumkan calon presiden NasDem bersama mitra koalisi,” ujar Hermawi, Jumat (10/6/2022) dilansir dari Tempo.co.

Ia kemudian menyebut sejumlah nama di luar kader partai yang disebut-sebut menjadi usulan DPW.

“Nama yang disebut-sebut Ketua DPW sih banyak, yang survei-survei tinggi itu disebut ada Anies, Ganjar, Khofifah, Andika Perkasa, Erick Thohir, dan lain-lain. Tapi, kan, baru menjadi usulan resmi nanti 15-17 Juni,” ujar Hermawi.

Sementara dari kader internal, lanjut dia, ada nama Rachmat Gobel, Siti Nurbaya, Johnny G Plate, Syahrul Yasin Limpo, dan Lestari Moeridjat yang diusulkan oleh DPW. Hermawi tidak merinci dari mana saja usulan nama tersebut berasal.

Sejauh ini, baru daerah Banten dan DKI yang membuka terang-terang nama usulan mereka. Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu NasDem Wilayah Jawa 1 (Banten, DKI), Effendy Choirie menyebut nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merupakan calon aspirasi dari daerah Banten dan DKI Jakarta.

“Aspirasi dari DKI dan Banten, ya, pasti Anies, karena aspirasi dari rakyat bawah yang diserap oleh struktur partai, mayoritas mendukung Anies. Aspirasi itu akan disampaikan oleh DPW NasDem DKI dan Banten dalam sesi penyampaian aspirasi usulan bakal calon presiden,” ujar pria yang akrab disapa Gus Choi itu.

Wakil Ketua Umum Partai NasDem,Ahmad Ali sebelumnya mengatakan, NasDem tak mensyaratkan seorang calon yang diusung harus menjadi kader partai. Syaratnya dari mereka yakni; memiliki gagasan untuk memajukan bangsa dan rekam jejak yang baik, sejalan dengan visi partai, dan memiliki elektabilitas yang tinggi.

Kata Ali, sejauh ini baru tiga nama dengan elektabilitas tiga teratas yang dilirik, yakni Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Jadi tidak akan keluar dari tiga nama itu lah. Hari ini kalau lihat lembaga survei, selalu tiga nama itu yang teratas. Tentu kami melihat elektabilitas, enggak mungkin partai mau pilih yang tidak ada kemungkinan menang, kan,” tuturnya Kamis, (20/1/2022).

Editor: La Ode Ali

Sumber: Tempo.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here