Kondisi Banjir Terkini di Buton, Sekira 40 Rumah Terendam Banjir, Sejumlah Warga Mengungsi

0
1437

TERAWANGNEWS.com, Buton – Hingga Sabtu (18/6/2022) sore, sudah sekira 40 rumah yang terendam banjir di Desa Togomangura, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Akibat banjir tersebut, sejumlah warga memilih mengungsi ke sanak saudara mereka.

“Kondisi Togomangura terkini
Sekitar 40 Ruma terendam bajir sekitar 4 rumatangga suda mengungsi ke sanak famili🙏🙏,” tulis Kepala Desa Togomangura, Rudin di laman Facebooknya atas nama Rudin, Sabtu sore.

Sebelumnya diberitakan, akibat hujan yang tak kunjung reda, puluhan rumah warga di Desa Togomangura, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) terendam banjir, Sabtu (18/6/2022).

Selain rumah, ternak warga juga terbawa arus banjir. Ketinggian air diperkirakan mencapai 1,5 meter hingga 2 meter.

“Togomangura Terendah (Terendam-red) Banjir… Puluhan Rumah Warga Terendam Ternak Warga Terbawah Arus Banjir .. kerugian belum bisa di Taksir ..dan Di prediksi akan terus meningkat,” kata salah seorang warga Desa Togomangura, inisial LA melalui WhatsApp, Sabtu siang sekira pukul 12.45 WITA.

Menurutnya, banjir kali merupakan yang terparah sejak tahun 1986 lalu, diduga karena adanya pembukaan lahan perkebunan warga dan pembalakan liar yang dilakukan oknum tak bertanggungjawab.

“Banjir di ini merupakan yg terparah setelah tahun 86,” ungkapnya.

“Pembukaan lahan perkebunan warga dan Pembalakan liar,” sambung LA.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Buton, Manafu belum dapat dikonfirmasi karena sedang dalam perjalanan atau di atas kapal.

“Diatas kapal, tidak jelas suaranya, putus-putus,” katanya melalui telepon.

Penulis: La Ode Ali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here