Dianggap Tak Mampu Jalankan Amanah Bupati Buton, Ketua DPRD Hariasi Salad Minta Sejumlah Kepala OPD Dievaluasi

TERAWANGNEWS.com, Buton – Dianggap tak mampu menjalankan amanah, Ketua DPRD Buton, Hariasi Salad, S.H meminta kepada Bupati Buton, Drs. La Bakry, M.Si untuk mengevaluasi beberapa Kepala OPD di lingkup Pemda Buton, Sulawesi Tenggara.

Hal itu bukan tanpa dasar. Sebab, kata Hariasi, dari rapat yang dilakukan beberapa hari terkahir bersama para OPD, ia menilai ada sejumlah Kepala OPD yang dianggap tak mampu mengimplementasikan amanah yang sudah diberikan Bupati Buton dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Jadi dari rapat yang kita laksanakan beberapa hari terkahir ini bersama OPD, ada beberapa Kepala OPD itu kita nilai tidak mampu menjalankan amanah yang diberikan Pak Bupati, dan itu sangat- sangat kita sayangkan,” kata Hariasi kepada media ini, Jum’at (29/7/2022).

Terlebih hari ini, Jum’at (29/7/2022), membuat DPRD merasa tersinggung terhadap beberapa Kepala OPD. Bagaimana tidak, diundang untuk menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP). Namun, beberapa Kepala ataupun perwakilan OPD dimaksud tak hadir.

“Yang jelas kita merasa tersinggung sekali terhadap beberapa Kepala OPD itu, kita undang RDP mereka tidak datang, padahal kita undang itu secara resmi atas nama lembaga,” ujarnya dengan nada kesal.

Untuk itu lanjut Ketua Bapera Buton ini, terhadap OPD yang tidak hadir dalam RDP tersebut, akan dijadwalkan diundang kembali.

“Jadi kita akan jadwalkan kita undang kembali mereka,” katanya.

Ia pun meminta kepada Bupati Buton, La Bakry untuk mengevaluasi sejumlah Kepala OPD dimaksud. Karena menurut Hariasi, ketidakmampuan Kepala OPD dalam menjalankan tugas yang diberikan Bupati, justru akan menghambat semua program Pemerintah Daerah.

“Kita harapkan kepada Pak Bupati agar bisa melakukan evaluasi kepada para Kepala OPD tersebut, karena jika tidak, justru akan menghambat semua program Pemerintah Daerah,” harapnya.

Sayangnya, Hariasi tak menyebutkan OPD mana saja yang dimaksud.

Untuk diketahui, dari sejumlah OPD yang diundang RDP hari ini, hanya beberapa OPD saja yang hadir antara lain, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Murtaba Muru, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Salmin, perwakilan Dinas Perhubungan, dan perwakilan Inspektorat.

RDP dipimpin langsung Ketua DPRD Buton, Hariasi Salad didampingi Plh Sekda Buton, Drs. Awaluddin.

Dalam RDP hadir pula sejumlah Anggota DPRD antara lain La Sydu, Surfin, Rudini Ncea, Amsri, dan Safrin Singga.

Penulis: La Ode Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *