Jokowi, Presiden Kedua yang Datang di Buton? Harapan Baru Provinsi Kepton

0
402

TERAWANGNEWS.com, Buton – Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo diagendakan bakal berkunjung ke Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Senin (26/9/2022) mendatang.

Jika benar, Jokowi jadi ke Buton, maka Jokowi merupakan Presiden kedua yang menginjakan kaki di daerah yang dikenal sebagai penghasil aspal ini.

Sebab, pada tahun 1990, Presiden kedua Republik Indonesia, Soeharto juga pernah datang di Kabupaten Buton. Saat itu Soeharto menggunakan Helikopter dan mendarat di Lapangan Banabungi, Kecamatan Pasarwajo.

Tentu hal ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri khususnya untuk masyarakat Kabupaten Buton dan umumnya Kepulauan Buton.

Wacana kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu, tentu sudah ramai diperbincangkan oleh masyarakat dihampir semua kalangan.

Namun, terlepas dari semua agenda kunjungan Jokowi tersebut. Tentu banyak harapan yang terbersit di masyarakat. Tidak, terkecuali pemekaran Kepulauaun Buton (Kepton) menjadi sebuah provinsi baru di Indonesia.

Bagaimana tidak, sudah sejak lama, masyarakat menginginkan Kepton menjadi sebuah provinsi, dengan berbagai alasan dan pertimbangan.

Lalu, apakah wacana hadirnya Jokowi itu bisa membawa angin segar pemekaran Kepton? Karena, seperti yang kita ketahui bersama, Pemerintah Pusat masih menerapkan moratorium.

Meski begitu, semangat pemekaran Kepton menjadi sebuah provinsi baru di Indonesia tidak boleh kendor.

Semoga, para tokoh dan pemangku kebijakan dapat memanfaatkan momen kedatangan Presiden itu untuk tetap memperjuangkan pemekaran Kepton sebagai sebuah provinsi. Walau, hal itu tentu tak mudah, namun ikhtiar tetap harus terparti demi sebuah harapan.

Sebagaimana diketahui, Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, menurut rencana akan kembali mengunjungi Sulawesi Tenggara pada 26-27 September 2022. Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana bertolak menuju Bandara Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan sekira pukul 16.00 WIB, pada Senin 26 September 2022.

“Pada pukul 19.45 WITA, Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana diperkirakan tiba di Bandara Haluoleo,” ujar Deputi Kepala Sekretariat Presiden Bidang Protokol, Pers dan Media Kementerian Sekretariat Negara RI, Mohamad Yusuf Permana.

Usai dari kedua lokasi tersebut, pukul 09.00 WITA, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana menuju Bandara Haluoleo untuk kemudian menuju Kota Baubau. Di Kota Baubau, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana kemudian menuju lokasi penyerahan Bantuan Subsidi Upah (BSU) dan Pemberian Bantuan Modal Kerja.

Setelah menyerahkan bantuan tersebut, Presiden Jko Widodo dan Ibu Iriana bersama rombongan kemudian menuju Kabupaten Buton dan Kabupaten Buton Selatan dengan agenda yang sama.

Gubernur Ali Mazi, Sabtu 24 September 2022 juga telah bergerak untuk menuju Kota Baubau, Kabupaten Buton dan Kabupaten Buton Selatan, bersiap menemani Presiden Joko Widodo menyerahkan bantuan subsidi upah dan modal kerja.

“Dari Kabupaten Buton dan Kabupaten Buton Selatan, acara selesai, selanjutnya Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana dan rombongan menuju Bandara Betoambari, Kota Baubau, selanjutnya lepas landas menuju Ternate,” tutup Deputi Kepala Sekretariat Presiden Bidang Protokol, Pers dan Media Kementerian Sekretariat Negara RI, Mohamad Yusuf Purnama.

La Ode Ali: Pemimpin Redaksi Terawangnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here