Gerak Cepat, Pj Bupati Buton Rapat Bersama Kementerian PUPR Bahas Aspal Buton

TERAWANGNEWS.com, Buton – Pj Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si bergerak cepat dalam memnafaatkan peluang uintuk pengembangan dan pemanfaatan Aspal Buton.

Teranyar Pj Bupati Buton bersama pihak terkait menghadiri rapat bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia, Ir. Basuki Hadimuljono, M.Sc., Ph.D., di Ruang Rapat Menteri PUPR Gedung Utama Lantai II, Jakarta. Rapat berlangsung selama 2 hari, 12-13 Oktober 2022.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Buton didampingi Kepala Dinas PU Kabupaten Buton, Dirut PT Wika Bitumen, Dirut Kartika Prima Abdi dan Ketua ASPABI.

“Pada dasarnya pelaksanakan koordinasi hari pertama dengan Menteri PUPR terkait kesiapan dari penyediaan Aspal. Dalam hal ini kesiapan pabrik terhadap permintaan kebutuhan dalam negeri,” kata Pj Bupati Buton.

“Hari kedua dilanjutkan dengan bisnis matching antara produsen Aspal termasuk dengan Kementerian PUPR. Yang jadi topik pembicaraan adalah terkait dengan jenis produksi Aspal yang meliputi Aspal murni dan campuran,” sambung Pj Bupati.

Lebih lanjut, Kepala BPKAD Sultra ini menguraikan hasil rumusan ini akan menghasilkan kesimpulan bahwa kebutuhan Aspal dalam negeri dan kesiapan pabrik yang ada di Buton maupun pabrik yanga ada di masing-masing provinsi termasuk pembahasan besaran biaya yang digunakan untuk mengurangi impor Aspal.

Pj Bupati Buton juga menuturkan, setelah pertemuan dengan Kementerian PUPR, mantan Kepala Biro Umum dan Humas Setda Kalimantan Utara ini lanjut melakukan koordinasi ke Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

“Di Kemenko Marves kami melakukan koordinasi dan kunsultasi dengan Asisten Deputi Bidang Infrasruktur Kemenko Marves. Pihak Kemenko Marves siap membantu percepatan optimalisasi Penggunaan Aspal Buton,” tambah Basiran.

Sebelumnya, pada 27 September 2022 lalu, Presiden RI, Joko Widodo berkunjung ke Buton, melihat ketersediaan Aspal Buton yang begitu melimpah dengan stok 662 juta ton. Dan pada kesempatan itu, Presiden mengatakan dua tahun lagi impor Aspal akan disetop.

Editor: La Ode Ali

Sumber: Humas Pemkab Buton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *