Pj Bupati Buton Resmikan Pos Koramil Sampuabalo-Gunung Jaya, Ini Pesan Dandim dan Kapolres

TERAWANGNEWS.com, Buton – Pj Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si didampingi Dandim 1413/Buton, Letkol Armed Muh. Faozan, S.Pd, MIPol, Kapolres Buton, AKBP Rudy Silaen, SH, S.I.K, MIKom meresmikan Pos Koramil 1413-13 Lasalimu di Perbatasan Desa Sampoabalo-Desa Gunung Jaya, Kecamatan Siotapina, Sabtu (22/10/2022).

Kegiatan itu sekaligus dirangkaiakan dengan Pencanangan Penanaman Bibit Pepaya California pada Pemanfaatan Lahan Pekarangan Masyarakat serta Peresmian Rumah Produksi Olahan Hasil Laut “Ingkita” Dinas Perindustrian Kabupaten Buton di Desa Sampuabalo.

Dalam sambutannya, Basiran mengatakan, persemian Koramil tersebut merupakan cikal bakal berdirinya Satuan Militer Koramil. Pemda pun telah menyiapkan lahan. Sebab, TNI merupakan salah satu institusi yang berperan penting mensukseskan program pemerintah, termasuk inflasi dan ketahanan pangan.

“Untuk itu perlu ada terobosan-terobosan khusus seperti yang sudah sering kita dengar bahwa tentara masuk desa. Sekarang kita mencoba hal yang baru yakni tentara menanam tanaman. Sebab masalah inflasi hari ini adalah masalah ketahanan pangan khususnya komoditas cabai,” kata Basiran.

Oleh sebab itu lanjut Baisran, menafaatkan gerakan lahan tidur harus kita upayakan termasuk pencanangan penanaman pepaya California di pekarangan masyarakat, termasuk menggalakkan penanaman sayur kelor karena manfaatnya yang cukup memenuhi kebutuhan gizi.

“Ini merupakan bagian dari usaha kita menurunkan stunting di Kabupaten Buton yang angkanya cukup tinggi yang diakibatkan pola makan,” ujarnya.

Di akhir sambutan Kepala BPKAD Sultra ini berpesan kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan di tengah masyarakat yang heterogen sehingga tagline “Buton Selalu Di Hati” selalu menjadi pengingat dalam bertindak menjaga persatuan bangsa.

“Mari kita jaga persatuan dan kesatuan, poma masiaka, poangkakataka, popiapiara, pomamaeka. Hindari minuman keras, karena miras merupakan sumber konflik,” tutupnya.

Di tempat yang sama Dandim 1413/Buton, Letkol Armed Muh. Faozan, mengajak semua pihak untuk tetap menjaga persaudaraan di lingkungan setempat sehingga tercipta suasana yang kondusif tanpa melihat hal yang negatif.

“Ke depannya Desa Gunung Jaya dan Sampuabalo akan dibina sebagai kampung percontohan sebagai kampung  Pancasila untuk hidup rukun dan berdampingan,” tutur Dandim.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Buton, AKBP Rudy Silaen mengatakan, keamanan adalah dasar kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu pihaknya sangat mengapresiasi berdirinya Pos Koramil sebagai bentuk kolaboratif untuk melayani masyarakat.

“Kedepannya masyarakat, TNI POLRI dan seluruh elemen terkait bisa memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat,” kata Kapolres.

Peresmian Pos Koramil dan Rumah Produksi Olahan Ikan “Ingkita” ditandai penandatanganan Prasasti dan pengguntingan pita. Pada kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bibit pepaya California dan pupuk organik cair bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Buton.

Editor: La Ode Ali

Sumber: Humas Pemkab Buton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *