Habiskan Puluhan Miliar, Jalan Mantowu-Lawele Belum Termanfaatkan, Kadis PUPR Buton Bilang Begini

TERAWANGNEWS.com, Buton – Pembangunan jalan yang menghubungkan Desa Mantowu, Kecamatan Pasarwajo dengan Desa Lawele, Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, mangkrak atau belum selesai dikerjakan. Akibatnya, jalan belum bisa dimanfaatkan.

Padahal anggaran pembangunan jalan tersebut terbilang besar yaitu mencapai puluhan miliar yang bersumber dari pinjaman daerah.

Jalan tersebut dikerjakan oleh PT. Bukit Wolio Indah setelah dinyatakan sebagai pemenang tender pada tahun 2021 lalu.

Terkait itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Buton, Wahyuddin mengatakan, belum termanfaatkannya jalan tersebut dikarenakan pekerjaannya baru sebatas pembukaan dan belum diaspal.

“Yang jelas memang belum bisa dimanfaatkan karena memang baru pembukaan, kecuali sudah pengaspalan baru bisa dimanfaatkan,” kata Wahyuddin melalui telepon, Kamis (2/3/2023) sore sekira pukul 15.02 WITA.

Untuk itu lanjut Wahyuddin, pihaknya akan mengusulkan ke pemerintah pusat untuk dilakukan pengaspalan karena membutuhkan anggaran besar.

“Makanya kita usahakan supaya kedepan pusat yang lanjutkan, untuk mendukung pengembangan aspal karena anggarannya kan besar, kalo dari Pemda sementara belum karena membutuhkan anggaran besar,” jelasnya.

Sebagai tambahan informasi, selain membutuhkan anggaran besar untuk melanjutkan pekerjaan jalan tersebut, dikutip dari Kendarinews.com pada Februari 2022 lalu, bahwa terhentinya pekerjaan jalan Mantowu-Lawele karena rute desain jalan itu melewati lahan milik perusahaan swasta. Pihak rekanan dan perusahaan pun belum menemui kesepakatan.

Penulis: La Ode Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *