PuanEffect: Kunci Kemenangan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

TERAWANGNEWS.com, JAKARTA – Pengaruh Puan Maharani, Ketua DPR RI dan salah satu tokoh penting PDIP, terbukti sangat besar dalam membawa kemenangan untuk Ganjar Pranowo di dua periode Pilgub Jawa Tengah. Oleh karena itu, PuanEffect (kolaborasi dan kontribusi dari Puan) dinilai akan menjadi faktor penting Pilpres 2024 mendatang.

Menurut Analis Komunikasi Politik, Silvanus Alvin, posisi Puan sebagai Ketua Tim Pemenangan Ganjar di Pilgub Jateng 2013 dan Pilgub Jateng 2018 merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan Ganjar. Dalam beberapa bulan terakhir, Puan juga aktif menjalin komunikasi dengan partai-partai lain dan melakukan safari politik ke sejumlah ketua umum parpol.

“Kolaborasi serta kontribusi Puan atau PuanEffect saya anggap mampu memberi sumbangsih dalam memenangkan Ganjar,” ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (25/4/2023).

Dia pun menjabarkan, di bawah komando Puan, Ganjar berhasil mendapat 48,82 persen suara di Pilgub Jateng 2013 dan menang telak di Pilgub Jateng 2018 dengan 58,78 persen perolehan suara.

Dalam tugas barunya sebagai komandan tim pemenangan Ganjar di Pilpres 2024, Puan dapat memanfaatkan jaringan luas yang dimilikinya di internal partai dan di luar partainya untuk menggalang dukungan dan merangkul partai-partai politik lain yang mungkin dapat membantu memenangkan Ganjar.

“Puan Maharani dapat memainkan peran penting dalam menggalang dukungan untuk Ganjar Pranowo,” ucap Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara (UMN) itu.

Di samping itu, Lulusan master University of Leicester Inggris tersebut juga menyoroti kebesaran hati Puan dalam menerima keputusan Megawati Soekarnoputri untuk memilih Ganjar sebagai capres dari PDIP.

Sikap besar hati Puan dinilai dapat meredam kekecewaan pendukungnya yang ingin ia maju sebagai capres PDIP, dan secara tidak langsung membawa seluruh pendukungnya untuk turut bekerja bersama membantu pemenangan Ganjar.

“Kebesaran hati yang ditunjukkan Puan berarti Ketua DPR tersebut lebih memperhatikan kepentingan golongan dibanding kepentingan pribadi,” imbuh Alvin.

Menurutnya, Puan menunjukkan loyalitas kepada keputusan partai dengan menyatakan tegak lurus terhadap instruksi Megawati, yang secara tidak langsung membawa seluruh pendukungnya untuk turut bekerja bersama membantu pemenangan Ganjar. Oleh karena itu, PuanEffect akan memainkan peran besar dalam pemenangan Ganjar di Pilpres 2024 mendatang.

Sumber: CNN Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *