Hardiknas 2 Mei 2023, Wakil Ketua F2K SMKS La Ode Syawaluddin Singgung soal Merdeka Belajar dan Rekruitmen PPPK Sekolah Swasta

TERAWANGNEWS.com, BUTON – Momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei tahun 2023 ini merupakan momentum yang sangat bermakna bagi dunia pendidikan Indonesia, dimana pada tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mencanangkan reformasi sistem pendidikan Indonesia melalui kebijakan Merdeka Belajar.

Hal itu dikatakan Wakil ketua Pengurus Pusat Forum Komunikasi Kepala Sekolah SMKS Indonesia (F2K SMKS Indoensia), La Ode Syawaluddin, S.E melalui rilisnya, Senin (1/5/2023).

Kebijakan Merdeka Belajar lanjut Bung Syawal sapaan akrab La Ode Syawaluddin, bertujuan untuk menggali potensi terbesar para guru sekolah dan murid serta meningkatkan kualitas pembelajaran secara mandiri.

“Dan tentu saja ini sebuah terobosan yang bagus dan kita berharap program ini bisa berjalan sesuai dengan Roh dari Reformasi Merdeka Belajar tersebut,” harapnya.

Lebih lanjut Bung Syawal yang juga merupakan Ketua Forum Komunikasi Sekolah Swasta Propinsi Sulawesi Tenggara ini berharap, program Merdeka Belajar ini bisa terimplimentasi kepada Merdeka Pendidikan.

“Saya juga berharap program Merdeka Belajar ini terimplementasi kepada Merdeka Pendidikan di mana saya menaruh harapan besar bahwa tujuan dari Merdeka Belajar ini juga bisa menjadi angin segar buat pengembangan satuan pendidikan di seluruh jenjang karena saat ini saya melihat belum sepenuh hati pemerintah dalam melakukan pemerataan pendidikan yang mana saat ini tergambar pada Rekruitmen PPPK di mana belum adanya Kuota Formasi untuk Sekolah Swasta pada Rekruitmen PPPK,” harapnya lagi.

“Seharusnya pemerintah membuat regulasi khusus terkait keberadaan rekruitmen untuk formasi di Sekolah Swasta sehingga kesetaraan dan asas kebersamaan itu lahir,” sambungnya.

Ketua LSM Karya Mandiri Kabupaten Buton itu menambahkan, di momentum Hardiknas tahun ini, Pemerintah Pusat bisa memberikan belas kasihnya kepada Sekolah Swasta untuk mendapatkan jatah Formasi pada Rekruitmen PPPK tahun 2023 ini.

“Kami siap duduk bersama pemerintah guna membahas tentang ini karna bagaimana pun juga Sekolah Swasta adalah satuan pendidikan yang menjalankan proses belajar mengajar termasuk mensukseskan program Merdeka Belajar. Dan saya yakin pemerintah tetap akan membuka ruang formasi untuk Sekolah Swasta pada Rekruitmen PPPK tahun 2023 ini, semoga harapan ini kami bisa dikabulkan,” pungkasnya.

Penulis: La Ode Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *