Tajuk  

Dugaan “Main Mata” Lelang Proyek di Buton, Kemana ULP?

TERAWANGNEWS.com, BUTON – Pemerintah Daerah Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini sementara melakukan tender proyek yang tersebar di sejumlah satuan kerja (satker) atau OPD di wilayah itu.

Hal tersebut bisa dilihat di situs resmi lpse.butonkab.go.id.

Dari proyek yang ditender itu, sebagian sudah dalam proses pekerjaan, sebagian lagi masih berproses di ULP.

Sayangnya, dari proyek yang ditender tersebut, ada beberapa proyek yang telah dinyatakan selesai namun perusahaan pemenang tak muncul di situs, ada apa? Apakah ada upaya “main mata” antara ULP dan satker untuk sengaja memenangkan perusahaan “titipan”?

Seperti tender proyek pengadaan armada katinting di Dinas Kelautan dan Perikanan serta proyek pembuatan Jalan Usaha Tani (JUT) Desa Mulya Jaya dan Desa Wajah Jaya, Kecamatan Lasalimu Selatan (Lasel) yang bersumber dari APBD tahun 2023.

Kedua tender proyek tersebut sudah dinyatakan selesai, namun perusahaan mana yang menang, tidak ditampilkan di situs lpse.butonkab.go.id.

Harusnya, saat pengumuman pembukaan tender dibuka, pihak ULP tak hanya menampilkan berapa peserta yang mengikuti tender, tetapi siapa perusahaan pemenang dalam tender tersebut juga harus dimunculkan di situs, sehingga tidak ada kecurigaan “main mata” antara ULP dan satker ataupun perusahaan “titipan”.

Untuk itu, demi keterbukaan informasi publik, pihak ULP bisa lebih terbuka lagi dalam proses tender proyek pemerintah tersebut, sehingga dugaan kongkilongkong tidak disematkan kepada ULP selaku unit organisasi pemerintah yang berfungsi melaksanakan pengadaan barang/jasa di lembaga/satuan kerja perangkat daerah dalam hal ini Pemda Buton (***).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *