Belum Lama Selesai Dikerjakan, Pengaspalan Jalan di Buton Gunakan Dana Desa Sudah Rusak

TERAWANGNEWS.com, BUTON – Pengerjaan peningkatan jalan lingkungan dan drainase di Desa Kabawakole, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang belum lama selesai dikerjakan saat ini sudah rusak parah.

Jalan lingkungan yang dikerjakan sepanjang 173 meter itu menggunakan Dana Desa (DD) Kabawakole tahun anggaran 2023 dan selesai dikerjakan pada Desember 2023 lalu.

Berdasarkan informasi dari warga setempat, pengaspalan jalan lingkungan tersebut kondisinya saat ini sudah rusak parah seperti retak dan lainnya. Warga pun mempertanyakan hal itu sebab pekerjaannya belum lama selesai tapi sudah rusak.

Menanggapi hal itu, Kepala Desa Kabawakole, La Masa mengakui rusaknya jalan tersebut. Namun, itu dikarenakan akibat dilalui mobil truck yang memuat timbunan untuk ruang publik (tambatan perahu) di desa itu.

“Kemarin-kemarin itukan dipake itu jalan makanya itu jalan makanya rusak kayak begitu, saya pake untuk penimbunan, penimbunan di bawah itu penimbunan ruang publik, tambatan perahu jadi mobil- mobil truck masuk disitu,” katanya melalui telepon, Rabu (21/02/2024) siang.

Proyek tersebut lanjut La Masa, dikerjakan oleh warga setempat dengan HOK Rp100.00 per orang dan tukang Rp150.000 dengan menggunakan aspal curah yang dikerjakan dengan cara dihampar.

“Warga, HOK nya itu 100 ribu, tukang 150 ribu karena itu menggunakan Dana Desa,” sebutnya.

“Aspalnya aspal curah dikasih batu lima tujuh, dikasih pasir, terus dihampar manual baru diwalas (alat berat-red),” sambung La Masa.

Untuk aspal yang digunakan masih tambah La Masa, sekira 20 ton lebih yang dibeli di wilayah Kecamatan Kapontori. Namun, saat ditanya berapa harga per ton nya, La Masa belum memastikan karena harus kembali melihat catatan pembeliannya.

“Di Kapontori, sekitar 20 ton lebih, kecuali saya lihat dulu lagi catatannya, tapi saya juga sudah buat laporannya itu,” pungkasnya.

Penulis: La Ode Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *