Pemda Buton Salurkan Bantuan Untuk Kesejahteraan Nelayan

TERAWANGNEWS.com, BUTON – Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Asnawi Jamaluddin S.Pd, M.Si mewakili Pj Bupati Buton menyerahkan bantuan sarana usaha perikanan kepada pelaku usaha perikanan melalui Dinas Perikanan Kabupaten Buton di Pelataran PPI, Kelurahan Takimpo, Jumat (1/3/2024).

Bantuan sarana usaha yang diserahkan berupa sarana dan prasarana Kerang Mabe sebanyak 6 unit, Armada Katinting 102 unit, Rumpon 9 unit, Armada tuna Hand Line 2 unit, Mesin Inboard 24 PK 5 unit, GPS 5 unit, Jaring Insang 14 unit, Termos Ikan 105 unit, Pass Kecil Kapal Perikanan 76 buah dan bantuan pengadaan Jaring Sero sebanyak 300 Kg, yang penerimanya tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Buton.

Turut hadir kegiatan itu antara lain, Anggota DPRD Kabupaten Buton, Perwakilan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Baubau, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Buton, Kepala Dinas Pariwisata dan Para Eselon II dan III Lingkup Pemkab Buton.

Dalam sambutannya perwakilan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Baubau, Sadudin, ST M.M menyampaikan bahwa, pihaknya dari KSOP Kelas II Baubau menyerahkan Pass Kecil sebanyak 147 buah kepada masyarakat nelayan yang ada di Kabupaten Buton yang telah diukur pada tahun 2023 lalu.

Ia mengatakan bahwa pass kecil sekarang berupa kartu bernama e-pass kecil yang bekerja sama dengan BNI dimana dapat bermanfaat untuk berbelanja dan juga bermanfaat sebagai tanda kepemilikan kapal.

“Persyaratan untuk memiliki e-pas kecil diantaranya KTP, surat keterangan hak milik, surat keterangan tukang yang disahkan oleh lurah dan camat setempat,” katanya.

Dikatakannya, program ini merupakan program Kementerian Perhubungan Pusat yang diamanahkan kepada daerah untuk menerbitkan e-pas kecil di Kabupaten Buton.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Buton atas kerjasama yang telah dibangun selama ini.

“Untuk kedepannya harapan kami semua kapal-kapal yang di perairan Buton memiliki e-pass kecil,” harapnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Asnawi Jamaluddin S.Pd,. M.Si mengucapkan apresiasi kepada Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Buton yang selalu mengupayakan bagaimana nelayan di Kabupaten Buton ini bisa diberdayakan.

Jenderal ASN Buton ini menyampaikan bahwa potensi perikanan yang ada di wilayah Kabupaten Buton cukup besar, hanya saja kita keterbatasan armada. Olehnya itu, Pemerintahan Kabupaten Buton memberikan bantuan kepada masyarakat nelayan yang di Kabupaten Buton untuk memanfaatkan potensi yang besar tersebut.

“Sebagaimana yang kita tahu persis bahwa, Kabupaten Buton telah masuk dalam kategori wilayah WPPT 714 karena potensi perikanan yang bisa kita dapat sekitar 1,5 juta ton karena Laut Banda dan Laut Flores memiliki potensi ikan yang cukup besar,” ungkap Sekda.

Lebih lanjut mantan Kadis Sosial Buton itu mengatakan, jika nelayan Buton sejahtera yang dilengkapi dengan segala peralatan yang ada, maka tentu hal itu dapat mencegah angka Stunting di Kabupaten Buton.

“Kabupaten Buton berada di posisi 13 persen dari penduduk kita yang masuk dalam kategori miskin yang sebagian besar ada di nelayan dan petani, itulah yang menjadi perhatian kami sebagai Pemerintah Daerah Kabupaten Buton,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, Sekda Buton berharap kepada penerima bantuan agar bisa menggunakan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *